Menteri perdagangan internasional Inggris menghadiri pertemuan G20 di Bali

id Inggris,menteri perdagangan inggris,James Duddridge,G20 Bali,menteri perdagangan G20,G20 Indonesia

Menteri perdagangan internasional Inggris menghadiri pertemuan G20 di Bali

Menteri Perdagangan Internasional Inggris James Duddridge. (ANTARA/HO-Kedubes Inggris di Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Internasional Inggris James Duddridge akan hadir dan mewakili delegasi Inggris dalam Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan, Investasi dan Industri G20 di Bali pada 22-23 September 2022.

Pertemuan itu memberikan kesempatan bagi Duddridge untuk bertemu mitra dagang utama Inggris seperti Indonesia, India, Amerika Serikat dan para anggota Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), demikian menurut Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dalam keterangannya pada Kamis.

"Saya senang sekali dapat mewakili Inggris dalam Pertemuan Menteri Perdagangan G20 di Indonesia pekan ini. Pertemuan ini adalah sebuah kesempatan untuk bekerjasama dengan mitra-mitra kami dalam prioritas perdagangan Inggris, seperti reformasi WTO (Organisasi Perdagangan Dunia) dan terciptanya perdagangan yang bebas dan adil," kata Duddridge.

Selain itu, Inggris juga akan memanfaatkan forum G20 untuk mengusung isu-isu yang menjadi prioritas dalam perdagangan multilateral.

Duddridge dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan untuk membahas hubungan bilateral kedua negara pascapeluncuran Komite Ekonomi dan Perdagangan Bersama Inggris-Indonesia (JETCO) yang ditandatangani pada Februari 2022.

"Saya juga menyambut baik kesempatan bertemu dengan mitra-mitra kami, termasuk Menteri Perdagangan Indonesia Bapak Zulkifli Hasan, untuk membahas bagaimana kedua negara bisa semakin meningkatkan hubungan perdagangan yang saat ini sudah bernilai hampir tiga miliar poundsterling per tahun," ujar Duddridge.

Melalui JETCO, Indonesia dan Inggris sepakat untuk mengambil langkah-langkah konkret untuk memfasilitasi peningkatan perdagangan dalam sektor pertumbuhan hijau serta makanan dan minuman.

Agenda utama Pemerintah Inggris adalah menitikberatkan komitmen untuk mendukung perdagangan yang bebas dan adil, pasar yang terbuka, dan melawan gangguan pasar.

Sementara itu Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, sebagai anggota G20, Inggris berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan mitra-mitra perdagangan demi mencapai pertumbuhan ekonomi dan membuka peluang-peluang baru di seluruh Inggris.

"Inggris berkomitmen mendukung dan menyukseskan Presidensi G20 Indonesia seiring dengan percepatan langkah-langkah yang kita ambil untuk bangkit dan pulih secara bersama," kata Jenkins.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri Perdagangan Internasional Inggris hadiri pertemuan G20 di Bali