Bogor siap gelar festival bunga buah internasional

id Bogor siap gelar festival bunga buah internasional

Festival Bunga dan Buah Nusantara 2013 di Kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor, Jabar, Jumat (17/5). (ANTARA FOTO/Jafkhairi)

Bogor (AntaraKL) - Pemerintah Kota Bogor Provinsi Jawa Barat menyatakan kesiapan untuk menyelenggarakan Festival Bunga Buah Nusantara (FBBN) bertaraf internasional sesuai permintaan Presiden Joko Widodo.

"Insya Allah kami siap, pembahasan sudah kami lakukan dengan sejumlah dinas dan instansi terkait, pada rapat koordinasi bulan Mei lalu," kata Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, usai mendampingi audiensi Rektor IPB terkait persiapan FBBN internasional 2016 di Balai Kota Bogor, Selasa.

Menurut Usmar, semua fasilitas yang dimiliki Kota Bogor disiapkan dan mengerahkan seluruh personel dari dinas terkait, mengingat kegiatan tersebut masuk taraf internasional sehingga membutuhkan mobilisasi yang cukup besar.

"Akan ada perubahan konsep dan juga tata pelaksanaan acara yang tadinya pawai dimulai dari Kampus IPB Baranangsiang lalu mengelilingi Kebun Raya. Tahun ini titik kumpul di dalam Kebun Raya dan kembali lagi masuk Kebun Raya Bogor," kata Usmar.

Perubahan itu, lanjutnya, karena menyesuaikan arus lalu lintas di seputar Kebun Raya Bogor yang sudah diberlakukan sistem satu arah (SSA).

"Tahun lalu pawai keliling Kebun Raya Bogor, tahun ini hanya berjalan setengah keliling Kebun Raya, keluar dari pintu dua, masuk lagi di pintu tiga," katanya pula.

Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto MSc menyebutkan, FBBN Internasional 2016 dijadwalkan akan berlangsung pada bulan November dari tanggal 17 sampai 20.

"Kami ingin pastikan kesiapan Pemkot Bogor sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan FBBN Internasional 2016 ini, bagaimana pengaturan lalu lintas dan fasilitasnya," kata Herry lagi.

Menurut Herry, FBBN Internasional 2016 akan dihadiri sekitar 500 pembeli (buyer) internasional yang dijadwalkan mengikuti dua sesi, yakni pameran bunga dan buah nusantara, serta kegiatan pameran inovasi produk.

"Tahun ini akan disayembarakan pembuatan nama kecil atau nick name untuk lebih mengenalkan FBBN internasional kepada masyarakat. Sayembara ini digelar untuk pelajar," katanya pula.

Festival Bunga dan Buah Nusantara merupakan kegiatan promosi tahunan dari Revolusi Oranye di Indonesia yang dicanangkan oleh IPB didukung oleh Pemkot Bogor.

"Revolusi Oranye merupakan gerakan nasional untuk mengubah secara revolusioner, pengembangan, kebijakan dan pasar buah nusantara," ujar Herry pula.LR/B/B014/B014) 07-06-2016 13:13:56

Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar