16 perguruan tinggi Indonesia - Malaysia dirikan SEAAM

id perguruan tinggi, SEAAM, IPRC, indonesia, malaysia

16 perguruan tinggi Indonesia - Malaysia dirikan SEAAM

"Sekaligus mahasiswa memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan kolega mereka dari sesama mahasiswa pascasarjana," katanya.
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Sebanyak 16 perguruan tinggi Indonesia dan Malaysia sepakat mendirikan South East Asia Academic Mobility (SEAAM) sebagai wadah untuk melaksanakan aktifitas sepanjang 2017.

"Pendirian merupakan kesepakatan International Postgraduate Research Conference (IPRC) 2016 yang dilaksanakan kali pertama di Pascasarjana IAIN Manado," ujar Rektor IAIN Manado, DR. Hj. Rukmina Gonibala, M.Si dalam siaran pers yang dikirim ke Kuala Lumpur, Minggu.

Pascasarjana IAIN Manado menjadi tuan rumah IPRC 2016 yang berkolaborasi dengan IAIN Manado, STAIN Sorong,  Universitas Airlangga, dan Universiti Sultan Zainal Abidin, Malaysia.

"Perguruan tinggi yang hadir menyepakati untuk membentuk SEAAM sebagai wadah yang akan dilaksanakan sepanjang 2017 yang akan datang. Selanjutnya IPRC  akan menjadi salah satu bagian dari aktivitas SEAAM," katanya.

Rukmina Gonibala pada kesempatan tersebut mengemukakan bahwa inisiatif ini menjadi awal untuk melakukan kolaborasi antarbangsa. 

"Keberadaan perguruan tinggi yang menjadi dinamisator bagi kemajuan masyarakat yang memerlukan penelitian, maka studi-studi keagamaan tidak hanya sampai pada publikasi saja," kataya. 

Dalam pandangan DR. H. Rivai Bolotio, direktur pascasarjana IAIN Manado deklarasi tersebut juga menyatakan bahwa prakarsa ini merupakan bagian dari pengembangan akademik dan penguatan kapasitas kelembagaan.

Dalam kesempatan tersebut hadir perguruan tinggi lintas wilayah yakni pula IAIN Gorontalo, IAIN Palangka Raya, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Sam Ratulangi, STAIN Sorong, Universitas Kanjuruhan Malang, Universiti Sultan Zainal Abidin, Universiti Utara Malaysia, Universitas Muhammadiyah Makassar dan STISIP Amal Ilmiah YAPIS Wamena.

Sementara itu panitia pelaksana kegiatan IPRC DR. H. Ahmad Rajafi menyatakan kegiatan ini sebagai ikhtiar pascasarjana IAIN Manado untuk memberikan ajang mahasiswa pascasarjana dalam mempresentasikan hasil penelitian yang mereka lakukan. 

"Sekaligus mahasiswa memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan kolega mereka dari sesama mahasiswa pascasarjana," katanya.