Unmuh Mataram belajar ke empat universitas di Malaysia

id Universitas Muhammadiyah Mataram

Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Sebanyak 17 orang pejabat struktural dan staf pengajar Universitas Muhammadiyah Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan studi banding ke empat perguruan tinggi di Malaysia.

"Kami studi banding ke empat perguruan tinggi yang ada di Malaysia. Kemarin ke Universitas Malaya, Universitas Teknologi Malaysia, kemudian ke Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM)," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, Drs Mustamin H Idris MS di Kuala Lumpur, Kamis.

Dia mengatakan tujuan studi banding ini untuk melakukan penandatanganan MoU kemudian dilanjutkan seminar internasional secara bersama di masing-masing kampus.

"Dalam seminar pemikiran alam Melayu dii UKM ini ada delapan makalah dari Unmuh Mataram," katanya.

Beberapa poin terkait MoU, ujar dia, diantaranya untuk meningkatkan SDM dosen pada masa yang akan datang.

"Bahkan sebelumnya kami sudah mengirim dosen S3 di UKM yang akan dilanjutkan dengan pengiriman pada tiga perguruan tinggi di Malaysia," katanya.

Dia mengatakan dengan kerjasama ini diharapkan ada pertukaran dosen antara Unmuh Mataram dan empat perguruan tinggi ini.

"Kami juga sudah mengirim dosen di UKM untuk pertukaran, Dr Lukman sudah satu bulan. Masa yang akan datang kita akan tingkatkan pertukaran dosen kemudian pertukaran mahasiswa selanjutnya diharapkan ada kegiatan seminar internasional bersama baik di Malaysia maupun di Unmuh Mataram," katanya.

Dia mengatakan pihaknya masih perlu pembinaan dari UKM terkait dengan jurnal ilmiah internasional terindex scopus.

"UKM sudah hampir memiliki semuanya bahkan ada yang lebih sepuluh. Kami belum ada sama sekali. Dengan kerjasama ini dosen kami bisa menulis di Scopus sehingga rangking kami bisa naik di lokal, nasional dan internasional," katanya.        
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar