Menpora yakin Indonesia juarai ASEAN Para Games

id Imam Nahrawi, ASEAN Para Games

Menpora yakin Indonesia juarai ASEAN Para Games

Menpora Malaysia dan Menpora Indonesia (Foto ANTARA/Agus Setiawan) (1)

"Saya yakin Kontingan NPC Indonesia bisa menjadi juara umum pada APG 2017 Malaysia dengan target perolehan 107 medali emas," kata Menpora usai acara pelepasan Kontingan NPC Indonesia di Hotel Lor In Solo, Selasa.
Solo, (AntaraKL,Com) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meyakini kontingen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dapat menjuarai dalam pengumpulan medali emas pada  ASEAN Para Games (APG) 2017 di Malaysia, 17-23 September.

"Saya yakin Kontingan NPC Indonesia bisa menjadi juara umum pada APG 2017 Malaysia dengan target perolehan 107 medali emas," kata Menpora usai acara pelepasan Kontingan NPC Indonesia di Hotel Lor In Solo, Selasa.

Menpora yang menyalami seluruh kontingan NPC Indonesia mengaku merasakan ada darah yang mengalir para atlet. Mereka penuh semangat yang luar biasa akan berjuang membela bendera Merah Putih sebagai lambang negara.

"Saya satu per satu bersalam dengan para atlet, dan saya rasakan ada darah yang mengalir, mereka bersemangat yang luar biasa," kata Menpora.

Oleh karena itu, para atlet yang memiliki tekad kuat untuk menjadi yang terbaik, tersportif, fire play, dan jujur dalam meraih medali. Pondasi olahraga itu, sportifitas, sehingga menjadilah juara mendapatkan medali emas yang sportif, bukan karena melakukan kecurangan.

"Pondasi ini yang harus betul-betul digunakan para atlet. Kami yakin para atlet tidak akan goyah hatinya dan imannya meski banyak tekanan saat berlaga di negeri orang," katanya.

Menpora juga meminta para pelatih dan ofisial yang mendampingi para atlet agar membawa para pejuang bangsa tersebut jangan sampai mereka mengeluh ada kekurangannya.

Selain itu, pihaknya laporan dari NPC Indonesia memiliki tekad untuk menjadi juara umum di APG Malaysia. Hal ini, tentunya dari hasil proses yang panjang melalui Pelatnas para atlet, sehingga mereka ingin berprestasi yang terbaik.

Namun, kata Menpora, peluang-peluang yang ada di depan mata dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menjadi juara umum.

"Saya yakin dengan semangat tempur para atlet Indonesia, pasti banyak hal yang dapat dilihat di luar target. Misal, atlet ditargetkan mendapat perak, karena kesungguhan dia bisa merebut emas," kata Menpora.

Kendati demikian, Menpora meminta para atlet NPC Indonesia untuk membulatkan tekad, satukan niat, karena hal ini, merupakan pintu masuk bagi atlet yang akan maju ke Asian Paragames 2018 di Palembang.  

"Pada Asian Paragames 2018 akan lebih fokus dengan menurunkan atlet terbaik Indonesia," katanya.     

Presiden NPC Indonesia Senny Marbun mengatakan pihaknya yang mengirimkan sebanyak 196 atlet yang turun di 11 cabang olahraga, dan menargetkan menjadi juara umum APG 2017 Malaysia.

"Kami sangat yakin Indonesia bisa merebut juara umum dengan target memperoleh 107 medali emas. Saingan terberat tuan rumah Malayasia dan Thailand, sedangkan Vietnam perlu diwaspadai," kata Senny Marbun.

Menurut Senny Marbun, jika NPC Indonesia mampu menjadi juara umum di APG 2017 Malaysia, maka selanjutnya Indonesia bisa menjadi langganan juara.

"Indonesia negara besar pasti besar dan harus bermain maksimal menjadi yang terbaik," katanya.