Nasdem apresiasi pujian PM Najib soal asap

id Partai Nasdem Malaysia

Nasdem apresiasi pujian PM Najib soal asap

Partai Nasdem Malaysia dalam sebuah acara (Foto ANTARA / Agus)

Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Partai NasDem mengapresiasi pujian Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Mohd Najib Razak, yang secara terbuka mengakui kinerja Pemerintah RI dalam mengatasi persoalan kabut asap.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem Bidang Luar Negeri, Martin Manurung didampingi Ketua Perwakilan Luar Negeri Partai Nasdem Malaysia, Tengku Adnan mengemukakan hal itu di Kuala Lumpur, Sabtu.

"Semoga dengan teratasinya persoalan kabut asap tersebut semakin mempererat hubungan kedua negara dan bangsa serumpun ke depan dalam menghadapi tantangan-tantangan global," ujar Martin Manurung.

Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Mohd Najib Razak saat bertemu Presiden Joko Widodo di Kuching (22/11) menyampaikan terima kasih karena dalam dua tahun terakhir Malaysia bisa menikmati udara bersih tanpa kabut asap.

Martin mengatakan keberhasilan mengurangi kebakaran hutan dan lahan tentu tak lepas dari kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di bawah kendali Siti Nurbaya.

"DPP NasDem juga memberi apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mampu pengatasi persoalan asap menahun. Kerja keras Ibu Menteri dan jajarannya kini telah membuahkan hasil dan bahkan mengharumkan nama bangsa di mata negara-negara tetangga," tambah Martin.

Menurut data BNPB, jumlah titik api dari pantauan Satelit NOAA menurun 32,6 persen selama 2017 dibandingkan 2016. Pada 2016 jumlah titik api sebanyak 3.563, sedangkan selama 2017 ada 2.400 titik.

Sedangkan Satelit Terra-Aqua menunjukkan kebakaran hutan dan lahan turun 46,9 persen. Selama 2016 terdapat 3.628 titik api, sedangkan 2017 menurun hingga 1.927 titik untuk tingkat kepercayaan di atas 80 persen.

Berdasarkan analisis citra satelit yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), luas kebakaran hutan dan lahan juga berkurang.