Rekruitmen sukarelawan Asian Games dibuka

id Asian Games

Menpora Imam Nahrawi

"Sekitar 300 orang dari 1.574 orang sukarelawan itu merupakan warga negara asing. Mereka bukan saja berasal dari negara-negara Asia melainkan berasal dari Rusia ataupun Australia," tutur Pusparani.

Jakarta, (AntaraKL) - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) kembali membuka pendaftaran sukarelawan Asian Games mulai Kamis (18/1) melalui situs resmi www.asiangames2018.id untuk membantu dalam pertandingan utama di Jakarta dan Palembang pada Agustus.

"Kami membutuhkan 13 ribu tenaga sukarelawan yang terbagi dalam 11 ribu orang untuk penempatan di Jakarta dan dua ribu orang untuk penempatan di Palembang," kata Direktur Bidang Sumber Daya Manusia dan Sukarelawan INASGOC Pusparani Hakim selepas pertemuan Program Peninggalan Penyiaran Asian Games di Jakarta, Rabu.

Pusparani mengatakan kategori tugas sukarelawan yang dibutuhkan INASGOC dalam pertandingan utama Asian Games masih sama sebagaimana kategori pada kejuaraan uji coba Februari.

Para sukarelawan itu akan terbagi dalam empat kategori tugas yaitu asisten protokoler yang akan mendampingi tamu-tamu asing yang penting, pendamping delegasi negara-negara peserta Asian Games termasuk ofisial dan atlet, penghubung antarlembaga, dan tugas-tugas umum di lapangan.

"Tugas-tugas umum di lapangan sudah ditangani oleh pengurus induk cabang olahraga, sehingga kami fokus pada kategori tugas yang lain," ujar Pusparani. 

Nama-nama calon sukarelawan yang mendaftar juga akan mendapatkan seleksi dari 10 lembaga negara sehingga bebas dari keterlibatan tindak kriminal.

Pusparani mengatakan 1.574 orang sudah lolos seleksi sukarelawan kejuaraan uji coba Asian Games pada 10-24 Februari. Mereka juga telah mendapatkan pelatihan dari INASGOC terkait bidang-bidang yang akan mereka tangani.

"Sekitar 300 orang dari 1.574 orang sukarelawan itu merupakan warga negara asing. Mereka bukan saja berasal dari negara-negara Asia melainkan berasal dari Rusia ataupun Australia," tutur Pusparani.

Pusparani menambahkan para sukarelawan Asian Games akan mendapatkan seragam, pelatihan, dan sertifikat dari INASGOC.

Sebelumnya, INASGOC mengimbau masyarakat untuk mewaspadai informasi palsu terkait sukarelawan Asian Games, terutama tentang pencarian sukarelawan dengan iming-iming honor sebesar Rp600 ribu per hari.

"Pendaftaran sukarelawan tahap pertama sudah digelar pada September 2017 untuk kebutuhan kejuaraan uji coba. Para tenaga sukarelawan itu akan kembali memberikan dukungan pada saat pertandingan utama pada Agustus," kata Ketua INASGOC Erick Thohir.

Erick mengimbau masyarakat untuk merujuk informasi resmi terkait sukarelawan Asian Games pada situs www.asiangames2018.id.

Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar