Pakatan Harapan menangi Pemilu Malaysia

id Wan Azizah,Pakatan Harapan

Wan Azizah Wan Ismail menemui pendukungnya (Foto ANTARA/Agus Setiawan)

"Kami tidak dapat menyatakan hari libur umum karena kami belum menjadi pemerintah," katanya.
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Koalisi oposisi Pakatan Harapan menyatakan telah memenangkan kursi yang cukup dalam Pemilihan Umum ke-14 untuk membentuk pemerintah federal Malaysia.

Ketua Pakatan Harapan, Tun Dr Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur, Kamis, pukul 02.45 mengatakan koalisi telah dihubungi oleh Istana yang mengatakan akan mengakui hasil menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum.

Kemenangan ini mengakhiri lebih dari 60 tahun pemerintahan oleh Barisan Nasional.

Mahathir mengatakan bahwa Kamis (10/5) dan Jumat (11/5) akan dinyatakan sebagai hari libur umum yang akan diumumkan oleh Ketua Setia Usaha Negara atau Sekretaris Negara.

"Kami tidak dapat menyatakan hari libur umum karena kami belum menjadi pemerintah," katanya.

Mahathir mengatakan akan mengusahakan pengampunan Datuk Seri Anwar Ibrahim kepada Agong atau Raja Malaysia sebagai usaha membolehkan beliau menjadi perdana menteri. Sesuai jadwal Anwar Ibrahim akan bebas pada (9/6).

Sementara itu Ketua Setia Usaha Negara, Dr Ali Hamsa melalui akun twitter-nya mengumumkan libur umum pada (10/5) dan (11/5) dan (13/5) bagi negeri-negeri bagian yang menjadikan Jumat dan Sabtu sebagai hari libur.

Berdasarkan http://undi.info.live Barisan Nasional memperoleh 77 kursi parlemen, Pakatan Harapan 119 kursi dan PAS sebanyak 17 kursi, Sesuai aturan mereka yang perolehan kursinya melebihi 112 berhak membentuk pemerintahan federal.
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar