UMB - Tun Hussein Onn jalin Kerja Sama

id Universitas Mercu Buana

UMB - Tun Hussein Onn jalin Kerja Sama

Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding atau nota kesepahaman dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (1)

Kuala Lumpur, 11/5 (Antara) - Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding atau nota kesepahaman dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, Kamis.

"MOU ini menekankan kerjasama dengan level yang sama yang sudah dirintis bersama seperti pembimbing bersama mahasiswa PhD dan publikasi internasional bersama," ujar Kepala Pusat Kerjasama Internasional dan Inovasi UMB, Prof.(em). Dr.Ing . Darwin Sebayang.

Penandatangan dilakukan di-sela-sela kehadiran delegasi UMB ke International Exhibition for Invention (Itex 18) di KLCC.

Kedua universitas, ujar dia, juga telah berhasil mempatenkan produk yang didaftarkan di Indonesia dan Malaysia.

"Universitas Mercu Buana mempersiapkan Universitas Generasi 4 dengan menggandeng Universitas Luar Negeri.

Universitas generasi ketiga yang menekankan luaran technoprenuer dan industri 4.0 berupa peranan cyber technology," katanya.

Dia mengatakan Universitas Mercu Buana sudah berhasil mengembangkan kurikulum berdasarkan luaran (outcome based education) khususnya Teknik Mesin dimana di program sarjana menekankan luaran entrepreneur dan magister teknik mesin lebih ke technoprenuer.

"Lalu generasi apa di tahun 2030 ? Kami memberi nama Universitas Generasi 4 yaitu Universitas yang mampu melahirkan society preneur. Society preneur berarti mengembangkan usahawan yang melibatkan masyarakat baik dari mulai sharing ide, perencanaan dan bahan pembiyaan atau yang dikenal crowd funding," kata Rektor UMB Dr. Arisetyanto Nugroho.

Untuk menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, ujar dia, Universitas Mercu Buana telah merencanakan melaksanakan Seminar Internasional yang mengundang pakar luar negeri seperti Sorbonne University Perancis, UTHM dan juga rekan dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Kristen Jakarta dengan projek ril untuk mempersiapkan rencana strategis Universitas Generasi 4.

"Universitas Mercu Buana (UMB) telah menginisiasi School of Future Leader (SOFL - UMB) bekerja sama dengan ikatan alumni Jerman, ikatan alumni penerima beasiswa Habibi, ikatan alumni Fakultas Teknik USU dan jaringan diaspora di mancanegara membantu program ini," ujar Rektor UMB Dr.Arisetyanto Nugroho di acara penandatanganan MOU itu

Wakil Rektor UMB, Prof. Dr. Dana Santoso yang bertanggung jawab dalam kerjasama internasional, alumni dan inovasi mengatakan semua rencana ini dimasukkan dalam Rencana Strategis 2030 Universitas Mercu Buana dan rencana tahunan yakni Memorandum Koordinasi Program.