AirAsia buka penerbangan Kuala Lumpur - Silangit

id AirAsia,AirAsia buka Kuala Lumpur - Silangit,Kuala Lumpur - Silangit

AirAsia (Foto : IG AirAsia)

Jakarta, (AntaraKL) - Maskapai penerbangan berbiaya murah AirAsia mengumumkan pembukaan penerbangan langsung dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2) Malaysia ke Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia, mulai 28 Oktober mendatang.

Pengumuman rute baru itu dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Pramintohadi Sukarno, Staf Khusus Menteri Bidang Pariwisata Kementerian Pariwisata Judi Rifajantoro, beserta CEO Grup AirAsia Tony Fernandes, Executive Chairman Grup AirAsia Berhad dan Co-Group CEO AirAsia X Datuk Kamarudin Meranun dan CEO Grup AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan di Jakarta, Kamis.

Tony menjelaskan ide membuka rute penerbangan ke Silangit berawal saat ia berbincang dengan Luhut saat gelaran World Economic Forum di Davos, Swiss, Januari lalu.

"Pak Luhut meminta saya membuka penerbangan ke Silangit. Saya 'googling' wow tempatnya cantik sekali dan Pak Luhut banyak cerita soal budayanya. Tapi saya bilang tolong perpanjang 'runway' dan dia bilang tidak masalah dan kemudian 'runway' jadi," kisahnya.

 Tony meyakini langkah AirAsia akan diikuti oleh maskapai penerbangan lain lantaran melihat potensi besar di Danau Toba.

 "Saya akan bawa Silangit jadi perhatian dunia," katanya.

 Ia menyebut dibukanya penerbangan ke Silangit diharapkan tidak hanya mendorong pertumbuhan jumlah wisatawan ke kawasan tersebut, tapi juga mendukung logistik hingga perdagangan elektronik yang saat ini tengah berkembang.

 Rute ke Silangit juga dinilai prospektif tidak hanya untuk keperluan wisata tapi juga bisnis.

 Luhut, dalam kesempatan yang sama, menyambut baik adanya pembukaan rute baru internasional ke kampung halamannya itu.

 Ia menyebut jumlah wisatawan yang datang ke Danau Toba pada 2015 hanya sebanyak 17 ribu orang. Namun, adanya pengembangan Bandara Silangit membuat kunjungan wisatawan melonjak hingga 500 persen pada 2017.

 Mantan Menko Polhukam itu berharap penerbangan ke Silangit dari Kuala Lumpur bisa mendorong kunjungan wisatawan lantaran hanya 10 persen dari total orang yang datang ke Danau Toba untuk tujuan wisata.

 "Tahun ini diharapkan bisa mendekati 500 ribu wisatawan, dengan adanya pembukaan penerbangan ini," imbuhnya.

 AirAsia menawarkan harga khusus dari Silangit ke Kuala Lumpur mulai dari Rp100.000. Tarif ini tersedia untuk pemesanan di airasia.com dan aplikasi seluler dari 2 Agustus hingga 12 Agustus 2018 untuk periode perjalanan dari 28 Oktober 2018 hingga 29 Maret 2019.

Maskapai penerbangan asal Malaysia itu akan terbang langsung dari Kuala Lumpur ke Silangit (PP) empat kali seminggu yakni setiap Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar