Pemerintah Malaysia bantu bujangan Rp350 ribu

id Malaysia,Bantuan Bujangan

Pemerintah Malaysia bantu bujangan Rp350 ribu

Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad didampingi istrinya Tun Dr Siti Hasmah Mohamad Ali (Foto ANTARA / Agus Setiawan)

"Bantuan ini akan diberikan kepada lebih dari tiga juta orang dan membutuhkan anggaran RM300 juta," katanya.
Kuala Lumpur, (ANTARA News) - Pemerintah Malaysia akan membantu anak muda yang belum berkeluarga atau bujangan masing-masing sebesar RM100 atau sekitar Rp 350.000 per orang sesuai data yang dimiliki pemerintah.

"Kebijakan ini sesuai dengan keinginan pemerintah, yang prihatin kepada mereka, karena itu pada tahap awal mereka akan diberi RM100," ujar Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng kepada media di Putrajaya, Selasa.

Lim mengatakan bantuan tersebut merupakan usulan dari Wakil Presiden Pakatan Harapan, yang juga Menteri Dalam Negeri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin.

Bantuan akan dibayar pada akhir Maret 2019 dan dikirimkan langsung ke rekening bank penerima.

"Bantuan ini akan diberikan kepada lebih dari tiga juta orang dan membutuhkan anggaran RM300 juta," katanya.

Besarnya bantuan bagi bujangan selanjutnya akan dikaji lagi dan dibahas dalam rapat kabinet Pakatan Harapan.

Sebelumnya berdasarkan keputusan Kabinet pada tahun lalu, pemerintah telah menyediakan bantuan biaya hidup atau Bantuan Sara Hidup (BSH) pada tahun 2019 dengan mengutamakan keluarga. Pemerintah menyediakan tambahan mengikuti jumlah anak yang ditanggung.

Perdana Menteri Mahathir telah menekankan bahwa masalah tekanan biaya hidup perlu diberi perhatian bagi semua yang membutuhkan dalam waktu dekat.

"Itulah sebabnya bayaran BSH sebanyak RM300 dibayar pada 28 Januari 2019 kepada semua anggota rumah tangga yang berkeluarga sungguhpun masih berdasarkan data lama yang belum diperbarui," katanya.