Partai Nasdem Malaysia gelar bimtek saksi Pemilu 2019

id Partai Nasem Malaysia

Partai Nasdem Malaysia gelar bimtek saksi Pemilu 2019

Perwakilan Luar Negeri Partai NasDem Malaysia melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Saksi dalam rangka mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan di wilayah kerja PPLN Kuala Lumpur, PPLN Penang dan Johor Bahru.

Kuala Lumpur (ANTARA) - Kuala Lumpur,  (ANTARA News) - Perwakilan Luar Negeri Partai NasDem Malaysia melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Saksi dalam rangka mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan di wilayah kerja PPLN Kuala Lumpur, PPLN Penang dan Johor Bahru.

Kegiatan bimtek ini sangat penting untuk memastikan kemampuan saksi partai dalam menghadapi proses tersebut. Banyak hal yang disampaikan kepada para saksi terutama memperdalam pemahaman terkait PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang pemungutan dan penghitungan suara,? ujar Wakil Ketua Bidang Bapilu Perwakilan Luar Negeri Partai Nasdem Malaysia, Fauzi Fathkur di Kuala Lumpur, Minggu.

Dengan kegiatan ini pihaknya berharap saksi yang dipersiapkan memiliki kualitas yang mumpuni untuk menghadapi dinamika yang akan berkembang di saat proses pemungutan dan penghitungan suara.

Selain menyiapkan untuk saksi Partai NasDem di Pemilihan Legislatif, seluruh mereka yang terlibat juga akan dipersiapkan untuk saksi Pemilihan Presiden yang akan dilaksanakan serentak nanti.

Kegiatan yang berlangsung di EDC Hotel, Senin, tersebut dibimbing oleh Tengku Adnan Ketua Partai NasDem Malaysia yang juga Caleg Partai NasDem untuk Dapil DKI Jakarta II dan pada Pemilu 2014 dan mantan Ketua PPLN Kuala Lumpur.

Dengan pengalaman beliau sebagai penyelenggara sebelum ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana tantangan serta peluang yang akan dihadapi, katanya.

Untuk wilayah kerja PPLN Kuala lumpur pihaknya mempersiapkan sebanyak 600 orang saksi, PPLN Johor 400 orang saksi dan PPLN Penang sebanyak 100 orang saksi, PPLN Kota Kinabalu 400 orang saksi, PPLN Tawau 150 orang saksi dan PPLN Kuching 200 orang saksi.

?Peran para saksi ini tentunya sangat penting dalam proses pemungutan serta penghitungan suara nanti, selain mengawal suara partai dan suara pilpres tentunya peran mereka ini juga semuanya untuk memastikan proses pesta rakyat lima tahun sekali ini dapat berjalan dengan baik dan juga berjalan secara jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia seperti mana yang diamanatkan oleh undang-undang,? katanya.

Dia mengatakan simulasi tetang persiapan kegiatan pemungutan dan penghitungan juga dilakukan demi memastikan bahwa para saksi tersebut benar-benar memahami seluruh proses pelaksanaan dan juga tentunya mereka wajib memahami fungsi berbagai macam formulir serta berita acara proses pelaksanaan pemilu yang telah diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2019 khususnya untuk pelaksanaan Pemilu di Luar Negeri.

"Peran para saksi ini juga kami maksimalkan untuk menggerakkan para pemilih Caleg Partai NasDem dan Jokowi-Amin yang telah kami petakan sejak Januari 2018 lalu. Blusukan dan temu masyarakat kami laksanakan untuk memastikan Partai NasDem Malaysia dan Jokowi-Amin dapat menjadi pemenang utama di Malaysia," katanya.