Malaysia gelar Medical Travel Media Award

id Malaysia Medical Travel Award,MMTA

Malaysia Medical Travel Award 2019 (1)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) atau Dewan Perjalanan Kesehatan Malaysia menyelenggarakan Medical Travel Media Award (MTMA) di Kuala Lumpur, Kamis malam.

MTMA 2019 yang pertama di Malaysia dan pertama di dunia tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan platform hubungan masyarakat digital pertama di Asia, Supernewsroom. 

Acara dibuka oleh CEO MHTC Sherena Azli dan dihadiri Wakil Menteri Keuangan Malaysia, Dato Haji Amiruddin bin Hamzah, perwakilan rumah sakit, perwakilan MHTC Indonesia sejumlah pimpinan media di Malaysia.

Wakil Menteri Keuangan Malaysia, Haji Amiruddin bin Hamzah memuji media atas dukungan dan pengaruhnya dalam membantu menumbuhkan industri perjalanan medis bangsa.

"Media telah menjadi katalis untuk memacu diskusi tentang bagaimana tren perjalanan layanan kesehatan telah berubah. Media semuanya telah membawa keseimbangan dalam cara kami memahami kekuatan sistem perawatan kesehatan Asia. Khusus untuk Asia Tenggara telah muncul sebagai pemimpin dalam lanskap global, yang dulunya sangat didominasi oleh barat,” katanya.

CEO MHTC Sherena Azli mengatakan MTMA untuk merayakan anggota media yang telah berkontribusi pada tumbuhnya kesadaran global akan industri perjalanan kesehatan negara.

“Selama bertahun-tahun, kesadaran akan industri perjalanan kesehatan Malaysia, yang dikenal sebagai Malaysia Healthcare, telah banyak dibangun melalui media lokal dan internasional,” katanya.

Media, ujar dia, telah membantu mengubah Malaysia dari bekas permata tersembunyi menjadi salah satu tujuan wisata kesehatan terkemuka di dunia. 

Malaysia Healthcare telah mengalami peningkatan jumlah pengunjung ke negara tersebut menjadi dua kali lipat jumlah pengunjung pada 2011 dari 643.000 menjadi 1,2 juta pada 2018. 

“Malaysia menikmati total RM 1,5 miliar dalam penerimaan rumah sakit yang menghasilkan perkiraan dampak ekonomi sebesar RM 5 milyar,” katanya.
   
Dia mengatakan lanskap perjalanan kesehatan Asia Pasifik sendiri menerima 40-45 persen dari total wisatawan kesehatan global. 

Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) Asia Pasifik adalah 12-14 persen melebihi CAGR rata-rata global 10-12 persen.

“Malaysia Healthcare mengalami CAGR 16-17 persen dengan pasar seperti China dan Indonesia mencatat pertumbuhan masing-masing 11 persen dan 31 persen antara 2017 hingga 2018,” katanya.

Sejumlah media dan wartawan telah berhasil mendapatkan penghargaan baik media lokal maupun internasional diantaranya Sinar Harian, Berita Harian, News Straits Times.

Panitia telah menerima lebih dari 250 pengajuan karya jurnalistik dari agensi media dan jurnalis dari lebih dari sepuluh media.

Kiriman datang dari Afrika Selatan, Jerman, Kroasia, Inggris, Bangladesh, Vietnam, Brunei dan Indonesia.
 
 
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar