Pemberangkatan jamaah haji Malaysia menunggu Saudi Arabia

id Malaysia,Haji,arab saudi

Pemberangkatan jamaah haji Malaysia menunggu Saudi Arabia

Tangkapan layar - Menteri di Kantor Perdana Menteri Malaysia Urusan Agama, Datuk Dr. Zulkifli Mohamad al-Bakri

Kuala Lumpur (ANTARA) - Menteri pada Kantor Perdana Menteri Malaysia Urusan Agama Zulkifli Mohamad al-Bakri menyatakan pihaknya masih menunggu jawaban dari pemerintah Saudi Arabia terkait pemberangkatan jamaah haji Malaysia ke tanah suci.

"Yang pertama menjadi adab kita sebagai sebuah negara termasuk dengan Arab Saudi. Kita akan menunggu jawaban resmi dari mereka yang diantar surat kepada kita. Itu praktik biasa yang dilakukan setiap tahun," ujar Zulkifli dalam acara bincang-bincang "Takut Allah atau Takut COVID-19" di TV1 Malaysia, Jumat.

Zulkifli mengatakan banyak pengumuman muncul namun masih berasal dari media massa sehingga pihaknya menunggu jawaban secara resmi.

"Surat ke Tabung Haji (Lembaga Pengelola Haji Malaysia) masih kita tunggu dan pemerintah Malaysia juga masih menunggu," katanya.

Mantan Mufti Wilayah Persekutuan ini mengatakan dirinya melakukan pertemuan hampir setiap minggu terkait dengan persoalan haji.

"Cuma lawatan saya ke Arab Saudi pada musim haji saya boleh sampaikan kalaupun ada haji pada musim pandemik ini jumlahnya akan dikurangi termasuk untuk negara-negara lain," katanya.

Terkait kewajiban vaksin bagi jamaah calon haji, dia mengatakan Tabung Haji sudah memvaksinasi lebih dari 4.000 orang anggota jamaah melalui Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM).

"Ini menjadi stand by manakala ada informasi pemberangkatan haji mereka sudah siap siaga," katanya.

Dzulkifli mengatakan sejauh ini vaksin yang diterima Arab Saudi adalah Pfizer dan AstraZeneca. Vaksin-vaksin lainnya  akan diperbolehkan untuk digunakan sepanjang sudah diluluskan oleh WHOm katanya.

Kemudian, ujar dia, pemberangkatan haji harus mengikuti aturan dasar dan  protokol kesehatan yang sebenarnya.