Rexy: Minat Anak Muda Tekuni Bulutangkis Kian Terkikis

id Rexy: Minat Anak Muda Tekuni Bulutangkis Kian Terkikis

Rexy: Minat Anak Muda Tekuni Bulutangkis Kian Terkikis

Malang, (ANTARA KL) - Kepala Bidang pengembangan Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia Rexy Mainaky menyatakan minat masyarakat, khususnya generasi muda untuk menekuni dunia bulu tangkis dari hari ke hari kian terkikis.

"Banyak penyebabnya. Salah satunya adalah minimnya fasilitas lapangan," ucap mantan pebulu tangkis nasional asal Ternate ini di sela-sela peluncuran program "Gerakan Angkat Raketmu" di Perumahan Sawojajar Malang, Minggu (10/11).

Menurut Rexy, pengembangan bulu tangkis harus dimulai dari keluarga dan lingkungan, sehingga perlu digalakkan pengembangan fasilitas untuk cabang olahraga asal India itu di lingkungan masyarakat.

Lapangan tersebut tidak perlu yang mewah, bahkan hanya lapangan "outdoor" di sekitar rumah. Yang terpenting, anak-anak dan masyarakat ini memiliki tempat untuk berlatih dan mengembangkan potensinya.

Rexy menjelaskan penyediaan lapangan ini termasuk perbaikan lapangan rusak serta penyediaan sarana dan prasaran pendukung seperti net, raket, "shuttle kock", serta lampu lapangan.

Ia mengakui sebenarnya banyak anak-anak berbakat dalam cabang olahraga bulutangkis, namun tidak punya fasilitas untuk mengembangkan bakatnya, bahkan untuk bermain bulutangkis, anak-anak harus menyewa lapangan.

Padahal, lanjutnya, menyewa lapangan biayanya cukup mahal. "Kami berharap dengan adanya penyediaan fasilitas ini bisa menumbuhkan bakat anak-anak muda di bidang olahraga bulu tangkis, sehingga kejayaan bulu tangkis Indonesia di masa lampau bisa terulang kembali," tegasnya.

Sementara itu Media Relation Manager PT Coca Cola Indonesia Andrew Hallatu mengatakan gerakan Angkat Raketmu dirancang sebagai gerakan inspiratif yang mengajak masyarakat untuk kembali bermain bulu tangkis.

"Kegiatan ini merupakan langkah untuk mengajak masyarakat kembali mencintai bulutangkis dan prestasi bulu tangkis di Tanah Air juga bisa kembali jaya seperti beberapa tahun silam," tandasnya.

Program angkat raketmu di wilayah Malang difokuskan pada tiga kawasan, yakni Sawojajar I, Sawojajar II dan Lapangan di Desa Ngaglik, Kota Batu.

Peluncuran Gerakan Angkat Raketmu ini merupakan proram yang baru pertama kali dan peluncurannya di Malang dihadiri oleh Ketua PP PBSI Gita Wirjawan, maestro bulu tangkis Indonesia Ruddy Hartono serta atlet nasional Hayom Rumbaka dan Adriyanti Firdasari. (AB/ANTARA)