Ketua MPR puji kedewasaan masyarakat Indonesia dalam berdemokrasi

id sidang paripurna,sidang tahunan,mpr,zulkifli hasan,pidato kenegaraan,sidang tahunan mpr,nota keuangan rapbn

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) berjalan bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan (ketiga kiri) setibanya di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Presiden Joko Widodo akan mengikuti sidang tahunan dan menyampaikan pidato kenegaraan di hadapan para anggota DPR. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan memuji semakin dewasanya masyarakat Indonesia dalam berdemokrasi.

 "Alhamdulillah, Pemilu Serentak 2019 yang untuk pertama kalinya dilaksanakan, akhirnya dapat kita lalui bersama," katanya pada  di Sidang Tahunan MPR di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Senayan Jakarta pada Jumat.

Suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, kata Zulkifli, merupakan bukti bahwa Bangsa Indonesia telah semakin dewasa dalam berdemokrasi.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga menyebutkan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, MPR berhasil menjaga harmoni bangsa dan tidak terlarut dalam polarisasi yang terjadi, terutama dalam pemilihan presiden.

Baca juga: Ketua MPR ajak belajar dari kisah pengabdian pendiri bangsa
Baca juga: Sosialisasi Empat Pilar harus diperkuat
Baca juga: Ketua MPR ingatkan adanya ancaman de-ideologi Pancasila

Menurut Zulkifli, MPR terus mengajak masyarakat untuk terus bersikap bijak dalam menyikapi kontes demokrasi tersebut dan tidak mengorbankan kepentingan persatuan bangsa hanya demi pemilu yang merupakan agenda rutin lima tahunan.

Melalui sidang terhormat ini, MPR mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersama-sama menerima hasil Pemilihan Umum 2019 ini secara ikhlas.

"Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden haruslah dipahami sebagai kompetisi antar kita, antarsaudara, antarsesama anak bangsa. Sehingga apapun hasilnya merupakan kemenangan kita semua sebagai Bangsa Indonesia," tegasnya.

Dalam Sidang Tahunan MPR itu hadir pula Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Ke-6 Try Sutrisno dan Wakil Presiden Ke-9 Hamzah Haz.

Selain itu, hadir pula Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD Oesman Sapta, Wakil Presiden terpilih 2019-2024 Ma'ruf Amin serta para menteri Kabinet Kerja dan pemimpin lembaga-lembaga negara.


Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar