Surabaya (ANTARA) - Pelindo III dan Semen Indonesia bekerja sama untuk mensinergikan tiga bidang yakni logistik, energi dan kepelabuhanan, tujuannya untuk memberikan nilai lebih pada bisnis masing-masing perusahaan.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, Selasa mengatakan Pelindo III memiliki kemampuan dan fasilitas di sektor logistik pelabuhan, sehingga bisa mendorong distribusi produk Semen Indonesia ke pelosok negeri.

"Sinergi BUMN ini dilandasi berbagi keahlian, agar dapat memberikan nilai lebih pada bisnis masing-masing. Antara Pelindo III di bidang kepelabuhanan dengan Semen Indonesia sebagai produsen semen besar nasional," kata Doso, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya.

Doso mengatakan, dari sisi energi, Pelindo III juga mampu menyediakan fasilitas sumber energi listrik untuk kapal sandar di dermaga, dan bisa dimanfaatkan untuk menyuplai energi listrik pada crane bongkar muat yang ada di kapal (pengangkut muatan milik Semen Indonesia).

"Sehingga bisa lebih menghemat biaya operasional. Karena energi listrik lebih efisien daripada menggunakan bahan bakar minyak untuk diesel mesin tambahan kapal saat sandar," katanya.

Pelindo III sebagai BUMN operator pelabuhan juga siap membantu mengoperasikan sejumlah pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang dimiliki Semen Indonesia di berbagai daerah.

"Tujuan utamanya untuk meningkatkan utilisasi aset TUKS yang masih rendah pemanfaatannya agar bisa meningkat," katanya.

Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso mengakui, peningkatan arus bongkar muat pelabuhan juga akan memberikan peningkatan efisiensi.

"Jadi yang dibutuhkan dalam bisnis sekarang ini tidak hanya penguasaan fasilitas. Tapi peningkatan utilisasi pelabuhan dan saling berbagi manfaat ekonominya. Karenanya dibutuhkan mitra yang kompeten seperti Pelindo III dan juga tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan pihak ketiga," katanya.

Hendi berharap, dengan adanya sinergi operasi logistik dan kepelabuhanan bersama Pelindo III, Semen Indonesia dapat semakin meluaskan jangkauan dan penguasaan distribusi produknya ke banyak pasar baru di Indonesia.

"Bila sinergi operasi ini sudah lancar produk kami akan lebih cepat sampai ke pelanggan, dengan harga yang lebih terjangkau pula. Di antaranya diharapkan dapat mendorong akselerasi pengiriman dari pabrik di Tuban dan Cilacap," katanya.

Ia menjelaskan, banyak potensi bisnis yang bisa dikerjakan bersama oleh Semen Indonesia dengan Pelindo III, seperti di sektor pelabuhan ada layanan kapal dan utilisasi dermaga di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

"Kemudian di Pelabuhan Celukan Bawang Bali juga lini usaha Pelindo III dapat membantu pekerjaan perawatan alur pelabuhan. Bila memang bisa berkelanjutan dan sama-sama menguntungkan akan dikaji untuk membentuk joint venture," tuturnya.

Baca juga: Arus petikemas domestik Pelindo III di Tanjung Perak meningkat

Baca juga: Semen Indonesia tanam 1.000 mangrove di Gresik.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019