Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan sejak 1 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSAPD) Gatot Subroto Jakarta,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan makam Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie tepat di sebelah makam istrinya Hasri Ainun Besari di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

"Pak Habibie akan dimakamkan di Blok M, No 120, sedangkan Ibu Ainun di sebelahnya No 121," kata Plt Kepala Biro Humas Kemensos Sonny W Manalu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kemensos merupakan institusi yang mengelola Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata, sebagaimana seluruh makam para pahlawan lainnya, termasuk juga nantinya makam Habibie akan dilakukan perawatan terbaik bahkan memfasilitasi keluarganya yang datang ziarah.

Baca juga: Flash - BJ Habibie meninggal dunia

Habibie meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan sejak 1 September 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSAPD) Gatot Subroto Jakarta.

Ia meninggal akibat alami kegagalan jantung. Sebagaimana diketahui pada 2018 Habibie telah menjalani perawatan dan operasi akibat kebocoran katup jantung.

Baca juga: Habibie wafat, Jokowi ungkap bela sungkawa di RSPAD Gatot Subroto

Proses penggalian makam dilakukan sejak Rabu malam, rencananya pemakaman akan dilakukan pada Kamis (12/9) siang usai shalat Dhuhur.

Sebelumnya, saat Ainun Habibie meninggal pada 22 Mei 2010 di Munchen, Jerman dan dimakamkan di TMPU Kalibata, Habibie juga sudah berpesan jika meninggal agar dimakamkan di sebelah istrinya.

Baca juga: Habibie wafat - ICMI: Habibie jadi sumber inspirasi generasi penerus
 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019