Batam (ANTARA) - Seluruh jamaah haji Debarkasi Hang Nadim Batam telah tiba di Tanah Air, termasuk yang melalui embarkasi haji antara Jambi dan Riau, juga jamaah asal Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat.

"Seluruh jamaah dari 29 kloter sudah sampai di Tanah Air dan kembali ke daerah masing-masing," kata Kepala Bidang Humas dan Informasi Panitia Pelaksana Ibadah Haji Debarkasi Hang Nadim Batam, Syahbudi, Senin.

Baca juga: PPIH harap jamaah risti didampingi keluarga

Pada tahun ini, Debarkasi Haji Hang Nadim Batam memulangkan 12.898 haji, yaitu 1.480 haji asal Kepri, 5.313 haji asal Riau, 2.722 asal Kalimantan Barat dan 3.238 asal Jambi, bersama 145 orang petugas.

Ia mengatakan, sebanyak 40 haji Debarkasi Hang Nadim Batam meninggal di Tanah Suci selama rangkaian ibadah haji.

Sebanyak 4 orang jamaah Debarkasi Hang Nadim Batam juga masih berada di Tanah Suci karena sakit dan di rawat di rumah sakit.

Baca juga: 5 haji Debarkasi Batam dirawat di RS Arab Saudi

Sementara itu, Ketua PPIH Debarkasi Hang Nadim Batam, Mukhlisuddin mengatakan bersyukur pelaksanaan ibadah haji berjalan relatif lancar.

Ia berharap seluruh jamaah haji Debarkasi Hang Nadim Batam mendapatkan haji mabrur.

"Haji mabrur diharapkan bisa meningkatkan ibadah, pelayanan ke keluarga dan masyarakat," kata dia.

Kepala Bidang Haji dan Umroh Kemenag Riau, Erizon Efendi mengatakan proses pelayanan ibadah haji embarkasi haji antara Riau berjalan lancar aman dan tertib.

"Ini pertama kalinya embarkasi haji antara Riau, berjalan baik pada fase pemberangkatan dan pemulangan," kata dia.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019