Ibu Negara arahkan sampah didaur ulang

id Ibu Negara, Iriana Widodo, sungai cipakancilan

Ibu Negara saat meninjau pembersihan Sungai Cipakancilan, Kabupaten Bogor pada Kamis (19/9/2019). ANTARA/Dok . BPMI/Lukas/am.

Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara RI, Iriana Widodo dalam sambutannya saat peresmian Gerakan Indonesia Bersih di bantaran Sungai Cipakancilan, Kabupaten Bogor mengarahkan sampah yang dapat didaur ulang untuk dimanfaatkan masyarakat.

Dari ibu-ibu PKK, dari majelis taklim sudah memberi testimoni bahwa sampah ini juga tidak harus dibuang tapi ada juga yang berguna, kata Iriana di Bogor,  Kamis.

Iriana bersama sejumlah istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) dan istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil, telah melakukan kunjungan ke tempat itu.

Baca juga: Ibu Negara diskusi bahaya narkoba bersama pelajar di Palembang

Selain mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya, Ibu Negara juga mengakomodasi permintaan ibu-ibu PKK dan majelis taklim untuk mengadakan pelatihan pemanfaatan sampah daur ulang.

Ini ada Ketua PKK Ibu Erni, nanti bisa ditindaklanjuti dari Ibu Erni. Nanti insya Allah dari sampah-sampah yang masih bisa digunakan kita bisa membuat daur ulang, kata Iriana dalam keterangan pers Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden RI, Erlin Suastini.

Sungai Cipakancilan dipenuhi tumpukan sampah di permukaannya. Sungai itu memiliki panjang 8 kilometer; 2 kilometer di kawasan Kota Bogor dan sisanya memanjang di Kabupaten Bogor.

Komandan Korem 061/Suryakancana Kolonel (Inf) Novi Helmi Prasetya menjelaskan pihaknya berkoordinasi dengan Bupati Bogor, Wali Kota Bogor, dan dinas terkait, untuk membuat taman sungai.

Baca juga: Ibu Negara sosialisasikan cuci tangan dan tes IVA di Palembang

Dengan upaya pembersihan itu, Ibu Negara berharap sungai Cipakancilan dapat menjadi tempat yang nyaman untuk aktivitas masyarakat, seperti tempat rekreasi dan kawasan kuliner.

Insya Allah ini kalau sudah bersih semua bisa untuk taman bermain, bisa untuk jualan juga bisa ya bu. Ada kafe-kafe seperti yang diperlihatkan di sini, kata Iriana menjelaskan rancangan taman pinggir sungai di layar proyektor.

Peninjauan pembersihan sungai itu adalah kegiatan kedua yang dilakukan Ibu Negara bersama OASE KK. Pada Senin (16/9) Iriana juga telah meninjau pembersihan Kali Busa Bahagia di Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Iriana Joko Widodo kunjungi Puskesmas Palembang

Pewarta : Bayu Prasetyo
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar