Garut (ANTARA) - Bencana alam tanah retak sepanjang seratusan meter mengancam bahaya pemukiman rumah penduduk Kampung Sukasari, Desa Mekarsari, Kabupaten Garut, Jawa Barat, sejak sepekan lalu.

"Saat ini warga memang khawatir dengan retakan tanah ini, takutnya ada longsor besar," kata Ketua RW 04 Kampung Sukasari, Kecamatan Cikajang Abdurrahman saat meninjau lokasi retakan tanah, Rabu.

Ia menuturkan, retakan tanah sudah melanda areal perkebunan dan pemakaman umum tidak jauh dari pemukiman rumah penduduk yang awalnya retakan kecil kemudian membesar dan memanjang.

Baca juga: Rumah warga di retakan tanah di Lebak akan direlokasi

Bencana retakan tanah itu, kata dia, mengancam 50 rumah atau 60 kepala keluarga karena rumahnya berada di sekitar lokasi pergerakan tanah.

"Ada sekitar 60 kepala keluarga atau 240 jiwa terancam longsor, bahkan, ada enam rumah berada di bawah tebing," katanya.

Ia menyampaikan, warga yang rumahnya terancam bahaya retakan tanah itu masih bertahan di rumahnya masing-masing karena selama ini belum ada instruksi dari pemerintah untuk mengungsi.

Baca juga: BPBD sampaikan peringatan dini bagi korban retakan tanah
Jika kondisinya semakin parah, kata dia, tentu warga akan diungsikan ke tempat yang lebih aman dari ancaman bencana alam.

"Kalau tambah parah akan kita ungsikan," katanya.

Retakan tanah tidak hanya mengancam pemukiman rumah penduduk, tetapi telah merusak areal pemakaman umum, akibatnya puluhan makam terpaksa harus dipindahkan warga secara gotong royong ke tanah wakaf lainnya yang masih satu desa.

Retakan tanah itu memiliki lebar yang berbeda-beda di beberapa titik, untuk di titik tertentu mencapai 30 sentimeter dengan kedalaman sekitar 4,5 meter dan memanjang hingga seratusan meter.

Baca juga: PVMBG sebut retakan tanah di Lebak dapat picu longsor

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019