Bandung (ANTARA) - Wali Kota Bandung Oded M Danial menegaskan bahwa dasar negara Republik Indonesia yakni Pancasila merupakan kesepakatan para pendiri bangsa yang sudah final.

"Pancasila itu sesuatu yang final. Pancasila adalah hasil pemikiran dari para pendiri negara ini," kata Oded pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di Bandung, Kamis.

Baca juga: Bamsoet: Jadikan peringatan kesaktian Pancasila meneguhkan ideologi

Dia juga mengajak anak muda untuk memiliki semangat yang sama dalam menghayati Pancasila, karena nilai-nilai Pancasila pasti bisa sejalan dengan keragaman masyarakat Tanah Air.

Menurut dia, tidak ada hal yang bisa menggeser Pancasila sebagai dasar negara. Dasar negara itu, kata dia, menjadi ruh dari segala nilai luhur budaya bangsa, dan menjadi napas yang dihembuskan semua agama.

Baca juga: Presiden pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

"Saya sebagai orang Islam tidak setuju kalau ada yang mengatakan Pancasila itu bertentangan dengan Islam. Sila pertamanya saja Ketuhanan yang Maha Esa, artinya Pancasila diperuntukkan bagi seluruh umat beragama," katanya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh warga Bandung, khususnya generasi muda agar memperteguh keyakinannya terhadap Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia.

Baca juga: Moeldoko: Hari Kesaktian Pancasila sejarah yang harus selalu diingat

"Anak-anak muda ini yang menjadi penerus tongkat estafet perjuangan. Jangan sampai nilai-nilai mulia yang telah dibangun oleh pendahulu kita ini disia-siakan," kata dia.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020