1.037 voucher tiket gratis itu telah disiapkan dan bisa diambil di Stasiun Surabaya Gubeng
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya membagikan 1.037 tiket KA gratis kepada guru serta tenaga kesehatan (nakes), dan bisa digunakan pada periode keberangkatan 8-30 November 2020 dalam rangka menyambut Hari Pahlawan.

Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Fredi Firmansyah di Surabaya, Jumat mengatakan program tiket ini sebagai upaya menghormati dan menghargai guru serta nakes yang merupakan para pahlawan tanpa tanda jasa.

"Sebanyak 1.037 voucher tiket gratis itu telah disiapkan dan bisa diambil di Stasiun Surabaya Gubeng," kata Fredi kepada wartawan.

Baca juga: Hari Pahlawan, guru dan tenaga kesehatan diberi Program Gratis Naik KA

Ia mengatakan guru adalah sosok utama di garda terdepan pendidikan, mengingat pendidikan adalah wadah pondasi yang sangat penting pencetak generasi bangsa.

"Sedangkan nakes juga merupakan para pahlawan kemanusiaan pada masa pandemi COVID-19 saat ini. Mereka yang berada di garis terdepan tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga, tapi rela mengorbankan risiko kesehatannya demi keselamatan orang lain," katanya.

Fredi menjelaskan yang berhak mendapatkan tiket gratis tersebut adalah guru TK sampai dengan SMA atau sederajat, serta nakes.

Baca juga: KAI Cirebon catat 15 orang penumpang reaktif saat tes cepat COVID-19

"Program ini tidak berlaku untuk dokter, petugas administratif dan tata usaha. Syarat untuk mendapat voucher bagi guru adalah menyerahkan fotokopi identitas sebagai guru berupa Kartu/Surat Keterangan. Adapun untuk nakes, menyerahkan fotokopi Surat Izin Praktik (SIP) yang masih berlaku," katanya.

Ia mengatakan ada 9 KA kelas Eksekutif dan Ekonomi yang dapat digunakan secara gratis ke berbagai tujuan pada periode 8 sampai 30 November 2020 dengan menukarkan voucher dengan tiket gratis.

Baca juga: KAI Daop 9 Jember tambah operasional KA pada November 2020

"Terdapat KA dari dan menuju Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya. Jumlah voucher yang disediakan di tiap KA per tanggal terbatas," katanya.

Voucher dapat diambil di Customer Service di Stasiun Surabaya Gubeng. Pengambilan voucher tidak dapat diwakilkan. Kuota pengambilan voucher per hari terbatas untuk menciptakan physical distancing.

Voucher itu hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari wilayah pengambilan voucher. Misalnya pengambilan voucher di Customer Service Stasiun Surabaya Gubeng, maka voucher hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi dan Malang.

"Kami harapkan dengan voucher gratis ini sebagai upaya kepedulian dan bukti bakti KAI untuk Indonesia," kata Fredi.

Baca juga: KAI Daop 7: Jumlah penumpang meningkat 57 persen saat libur panjang


 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020