Pemkot Bekasi izinkan Stadion Patriot gelar Liga 1

id Stadion Patriot Candrabhaga,liga1 indobesia, liga indonesia

Pemkot Bekasi izinkan Stadion Patriot gelar Liga 1

Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mengizinkan PT Liga Indonesia Baru menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga untuk menggelar BRI Liga 1 2021-2022 sebab tidak mengganggu tugas Satgas COVID-19 dalam pengendalian pandemi.

"Stadion ini jadi pusat triase instalasi gawat darurat. Kemarin mereka (PT Liga Indonesia Baru) hanya minta kiri dan kanan untuk ruang ganti. Tidak apa-apa, kami kasih," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Kamis.

Rahmat mengatakan penggunaan Stadion Patriot Candrabhaga sebagai salah satu tempat pertandingan BRI Liga 1 2021-2022 tergantung dari kepolisian. Jika aparat kepolisian setuju memberikan izin keramaian maka Pemkot Bekasi mempersilakan operator Liga 1 untuk menggunakan stadion berkapasitas 35.000 penonton itu.

Baca juga: PSSI optimistis tiga laga awal Liga 1 berjalan lancar

"Kami tunggu izin keramaian dari polisi saja, tidak ada yang dilanggar. Kalau penonton, sementara khan memang belum boleh," katanya.

Stadion Patriot Chandrabhaga menjadi Posko Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bekasi sejak April 2020. Dalam perjalanannya, stadion yang pernah digunakan sebagai salah satu arena sepak bola Asian Games 2018 itu juga dijadikan sebagai rumah sakit darurat COVID-19 yang dikhususkan untuk merawat pasien isolasi mandiri.

Sampai saat ini jumlah tempat tidur perawatan pasien COVID-19 di stadion itu sebanyak 222 unit. Saat awal digunakan, sejumlah kepala dinas atau organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Bekasi juga berkantor di sana.

Para Kepala OPD itu baru diinstruksikan kembali ke kantor masing-masing oleh Wali Kota Bekasi pada akhir Juni 2020. Mereka yang masih tetap berkantor di stadion itu hanya Satuan Tugas COVID-19 Kota Bekasi, sekretariat, dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi. Selain sebagai posko, stadion ini juga dimanfaatkan untuk aktivitas tes massal COVID-19 hingga kegiatan vaksinasi.

Baca juga: PSSI audiensi dengan Polda Metro bahas persiapan gelar Liga 1
Baca juga: Bali United persiapkan diri hadapi Persik di laga perdana


Sementara itu PT Liga Indonesia Baru memastikan tiga stadion telah siap untuk menyambut tiga laga pekan perdana BRI Liga 1 2021-2022. Pada pelaksanaan kompetisi, PT LIB selaku operator liga berkomitmen menerapkan protokol kesehatan ketat agar tidak muncul klaster penyebaran COVID-19 baru.

Ketiga stadion itu ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor, Jawa Barat), serta Stadion Indomilk Arena (Tangerang, Banten). Stadion Utama Gelora Bung Karno menjadi lokasi duel Bali United, sang juara bertahan, melawan Persik Kediri, Jumat (27/8/2021).

Stadion Pakansari akan menjadi tempat laga Persipura Jayapura melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/8/2021), dan pertandingan Bhayangkara FC kontra Persiraja Banda Aceh berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Minggu (29/8/2021). Semua laga itu dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB.

Baca juga: LIB: klub-pemain tanda tangani pakta integritas terkait prokes
Baca juga: PSSI-LIB akan tanggung biaya prokes liga termasuk PCR

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar