Kemarin strategi menuju endemi COVID-19 hingga pencairan kilat bansos

id pencairan bansos,strategi menuju endemi COVID-19,endemi COVID-19

Kemarin strategi menuju endemi COVID-19 hingga pencairan kilat bansos

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (tengah) didampingi Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indah Anggoro Putri (kiri) menyaksikan pencairan dana untuk pegawai penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) di halaman PT Perusahaan Industri Ceres, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/9/2021). . ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj. (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora kemarin (19/10) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini diantaranya strategi Indonesia menuju endemi COVID-19, pencairan kilat bantuan sosial (bansos) di Bali dan rencana booster vaksin COVID-19 pada 2022.

Kemenko PMK sampaikan tiga tahap upaya Indonesia menuju endemi

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyampaikan ada tiga tahap dalam upaya Indonesia keluar dari situasi pandemi menuju endemi.

"Ada tiga tahap untuk menuju endemi, pertama adalah tahap persiapan. Kedua tahap transisi dan ketiga hidup dalam endemi," ujar Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kemenko PMK, Agus Suprapto dalam diskusi bertema "Kesiapan Perubahan Perilaku Pandemi ke Endemi" yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Satgas: Gerakan defensif dan ofensif upaya Indonesia menuju endemi

Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 menyampaikan bahwa gerakan defensif dan ofensif menjadi salah satu upaya Indonesia menuju endemi COVID-19.

"Ada dua gerakan yang harus kita siapkan menuju endemi, yakni defensif dan ofensif," ujar Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas COVID-19, Alexander Ginting dalam diskusi bertema "Kesiapan Perubahan Perilaku Pandemi ke Endemi" yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Pemerintah berencana suntikan booster vaksin COVID-19 tahun depan

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyampaikan pemerintah berencana untuk melaksanakan penyuntikan booster vaksin COVID-19 pada 2022.

"Kemungkinan ada booster di tahun depan, perlu diingat, vaksin hanya salah satu cara menuju endemi," ujar Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kemenko PMK, Agus Suprapto dalam diskusi bertema "Kesiapan Perubahan Perilaku Pandemi ke Endemi" yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Pemerintah susun strategi cegah lonjakan kasus saat libur akhir tahun

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pihaknya tengah menyusun strategi guna mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 saat libur akhir tahun 2021.

"Saat ini pemerintah sedang menyusun strategi lintas kementerian/kelembagaan untuk mengantisipasi lonjakan kasus menjelang libur akhir tahun," ujar Wiku dalam konferensi pers daring diikuti di Jakarta, Selasa.

Tiga perusahaan farmasi Indonesia bersiap impor obat Molnupiravir

Tiga perusahaan farmasi di Indonesia bersiap mengimpor obat antivirus COVID-19 jenis Molnupiravir menyusul penyelesaian uji klinik fase 3 produk tersebut di Amerika Serikat.

"Ada tiga farmasi Indonesia yang mau impor kalau ada izin BPOM dan izin edar. Setahun kemudian pun tidak masalah karena kita sedang butuh sekali," kata Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan di pelatihan awak media terkait obat dan vaksin yang diselenggarakan BPOM via Zoom di Jakarta, Selasa.

KH Said Aqil Sirajd siap kembali calonkan diri sebagai ketua umum PBNU

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Sirajd menyatakan siap kembali mencalonkan diri sebagai bakal calon ketua umum PBNU periode mendatang, dalam Muktamar yang akan berlangsung pada tanggal 23-25 Desember 2021 di Provinsi Lampung.

“Kalau diminta oleh para kiyai saya siap (mencalonkan diri),” kata KH Said Aqil Sirajd di Banda Aceh, Selasa.

Mensos lakukan pencairan kilat bantuan sosial di Bali

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan pencairan kilat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako untuk mendorong pendistribusian bantuan sosial di Bali.

“Saya datang ke sini karena kartunya belum diserahkan kepada penerima, sehingga saya minta para penerima PKH dijemput,” ujar Mensos Risma usai menyaksikan penyaluran PKH dan Program Sembako di Kabupaten Badung, Bali, Selasa.

***3**

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar