Cirebon (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, bertambah enam orang, sehingga kasus aktif tercatat mencapai 33 orang, sedangkan kesembuhan tercatat empat.

"Terdapat penambahan kasus positif baru enam orang," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Agus Susanto di Majalengka, Kamis.

Agus mengatakan dengan bertambahnya enam kasus terkonfirmasi positif COVID-19 baru, maka saat ini total kasus di Kabupaten Majalengka tercatat 11.657 orang.

Sedangkan untuk kasus aktif COVID-19 terdapat 33 orang, dari jumlah tersebut 26 orang menjalani isolasi mandiri, sementara tujuh lainnya dalam perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Dua pekan kasus COVID-19 di Majalengka bertambah 42 orang

Baca juga: Satgas sebut kasus kematian akibat COVID-19 Majalengka tembus 7 persen


"Terdapat 26 orang yang terkonfirmasi positif menjalani isolasi, karena tanpa gejala," tuturnya.

Agus menambahkan untuk kasus kesembuhan di Kabupaten Majalengka, terdapat empat orang, sehingga dari awal pandemi tercatat 10.814 orang dinyatakan terbebas COVID-19.

Sementara kasus kematian di daerah tersebut tidak ada lagi penambahan, namun bila dibandingkan dengan daerah lain di wilayah Cirebon yang terdiri dari Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, persentase kematian di Kabupaten Majalengka menjadi yang tertinggi yaitu 6,9 persen.

Sedangkan persentase kematian di Kabupaten Cirebon menjadi yang terendah yaitu 3,6 persen, disusul Kota Cirebon 4,12 persen, Kabupaten Indramayu 4,48 persen, dan Kabupaten Kuningan 5,1 persen.

Akan tetapi bila dilihat dari banyaknya kasus terkonfirmasi positif COVID-19, Kabupaten Cirebon menjadi yang terbanyak dengan kasus 24.339 orang telah terpapar.

Dan Kabupaten Majalengka menjadi daerah yang terendah yaitu 11.657 orang, disusul Kota Cirebon 12.808 orang, Kabupaten Kuningan 13.722, dan Kabupaten Indramayu mencapai 17.184 orang.*

Baca juga: Tertinggi di Ciayumajakuning, kasus aktif di Majalengka capai 121

Baca juga: Kasus kematian COVID-19 di Majalengka tertinggi di wilayah III Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021