London (ANTARA News) - Denting instrumen gamelan Jawa semarak mengalun membawakan komposisi Suwe Ora Jamu dan Kudha Nyongklang di antara alunan musik klasik karya komponis ternama Moszkowski, Chopin, Puccini, Schubert dalam konser musik "Ambassadors in Concert-Benefit Gala for SOS" Kinderorf di Musikverein, Wina, Austria.

Perhelatan musik yang dibawakan pejabat Kementerian Luar Negeri Austria, para Dubes dan Staf Kedutaan Besar di Austria ini digelar dalam rangka penggalangan dana yang akan disumbangkan lembaga sosial untuk anak-anak di Austria, ujar Sekretaris Tiga KBRI Wina Luna Amanda Sidqi kepada ANTARA London, Minggu.

Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja, yang turut ambil bagian dalam pagelaran ini tampil dengan lincah memainkan gambang bersama para pemain kelompok gamelan Jawa Ngesti Budoyo.

Penampilan unik gamelan Jawa di antara tampilan musik klasik ternama tersebut memukau pengunjung pada Brahmsaal Musikverein yang merupakan tempat konser musik bergengsi di Austria bahkan di tingkat internasional.

Dubes Puja menyatakan harapannya bahwa penampilan gamelan Jawa untuk pertama kalinya di Musikverein ini akan semakin menunjukkan eksistensi musik tradisional Indonesia yang indah dan tidak kalah dengan orkestra musik Barat.

Pagelaran Ambassador in Concert (AiC) merupakan kegiatan tahunan yang dimulai sejak tahun 2003 dan diorganisir oleh para Dubes di Austria bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri Austria.

Semenjak pertama kali diselenggarakan sampai sekarang lebih dari 50 diplomat berbagai negara telah berpartisipasi dalam konser ini.

Pagelaran AiC di tahun 2011 ini menjadi istimewa karena baru pertama kalinya mempersembahkan karya musik dengan menggunakan perangkat musik tradisionil yang khas dari sebuah negara.

Pecinta musik di seluruh dunia mengenal Musikverein sebagai pusat dari kebudayaan musik Austria, sebagai forum penampilan konser internasional, dan sebagai "Eldorado" dari musik klasik.

Musikverein yang berdiri pada tahun 1870 ini juga merupakan pusat dari kelompok prestisius Society of Music Lovers (Gesellschaft der Musikfreunde) yang tidak terpisahkan dari gedung konser Musikverein.

(ZG)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011