Ombudsman bisa menyampaikan secara langsung sebab tugas mereka selain pengawasan fungsi pelayanan, juga sebagai corong atau media penyampai pesan.
Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menyatakan pemerintah provinsi bersama Ombudsman berkomitmen meningkatkan sinergi untuk meningkatkan kualitas pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat.
 
Edy Pratowo saat menerima kunjungan Anggota Ombudsman RI Jemsly Hutabarat di dampingi Kepala Perwakilan Ombudsman Kalteng R Biroum Berdinanto di Palangka Raya, Selasa meminta agar Ombudsman mengoptimalkan tugas dan fungsi di daerah, termasuk salah satunya sebagai penyampai informasi dalam upaya peningkatan pembangunan.
 
Ombudsman dapat berbagi dan bersinergi bersama pemerintah daerah terutama terkait kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah pusat, sebab Ombudsman bisa menjadi media sebuah informasi yang tidak terlepas dari regulasi, ujarnya.
 
Menurutnya Ombudsman bisa menyampaikan secara langsung sebab tugas mereka selain pengawasan fungsi pelayanan, juga sebagai corong atau media penyampai pesan.
 
Dia menegaskan, pemerintah provinsi tentu selalu berupaya agar pelayanan yang sudah dilaksanakan selama ini bisa berjalan dengan baik, tetapi pihaknya juga memerlukan informasi dari Ombudsman, guna memastikan pelayanan yang sudah berjalan benar-benar baik atau masih perlu pembenahan.
 
"Pemerintah provinsi membutuhkan informasi penilaian tersebut sebagai masukan-masukan untuk perbaikan pelayanan di masa yang akan datang," terangnya usai menerima kunjungan jajaran Ombudsman di ruang kerjanya.

Edy menjabarkan, dengan informasi dan komunikasi yang sangat baik ke penyelenggara pemerintah, penyelenggara pembangunan, maupun penyelenggara pelayanan masyarakat, diharapkan menjadikan pelayanan di Kalimantan Tengah semakin berjalan baik dan meningkat.
 
“Dari Ombudsman inilah kita mendapat informasi dan memberi masukan untuk pelayanan lebih baik,” kata Edy yang pernah menjabat sebagai Bupati Pulang Pisau tersebut.
Baca juga: Ombudsman lakukan penilaian pelayanan publik di Kalimantan Tengah
Baca juga: Ombudsman perkuat sosialisasi cegah maladministrasi di Kalteng
Baca juga: Penguatan Ombudsman RI siap diberikan PTN-PTS di Kalteng

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022