Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor Kota menerjunkan 170 personel khusus untuk mengatur arus lalu lintas yang terus padat menjelang Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Untuk pengamanan arus, kami (Polres) menerjunkan kekuatan penuh, ada 170 personel kepolisian yang diturunkan untuk arus lalu lintas," kata Kapolres Bogor, AKBP Bahtiar Ujang Purnama, di Bogor, Jumat.

Kapolres mengakui, arus lalu lintas di Kota Bogor saat ini cukup padat, terutama pada sore hari menjelang berbuka puasa.

Namun menjelang hari raya intensitas kendaran semakin meningkat seiring padatnya aktivitas masyarakat di luar ruangan.

Menurut Kapolres hal itu disebabkan tidak sesuainya kapasitas jalan dengan jumlah kendaraan yang melintas.

Sejumlah ruas jalan yang kerap mengalami kepadatan seperti di Jalan Kapten Muslihat depan Stasiun Bogor, Pasa Gunung Batu, Empang, Bogor Tread Mall, Surya Kencana, Jalan Baru Sholis Iskandar, Tajur Ekalokasari, dan Jalan Pajajaran.

"Kami berupaya mengatasi kemacetan dengan menempatkan personel di titik-titik keramaian," kata Kapolres.

Penempatan personel dilakukan untuk mengurai arus lalu lintas yang padat saat jam-jam tertentu.

Selain itu, Polres Bogor Kota juga mengerahkan tim pemecah arus yang selalu berpatroli keliling wilayah Kota Bogor.

Menurut Kapolres, jumlah ruas jalan yang semakin sempit tidak lagi mampu menampung padatnya kendaraan.

Kapolres menuturkan, kemacetan di Kota Bogor tidak cukup diatasi dengan personel kepolisian maupun DLLAJ apabila kesadaran dan prilaku masyarakat dalam berlalu lintas masih buruk.

"Kami menghimbau masyarakat untuk cerdas dalam berlalu lintas. Mematuhi rambu-rambu yang ada agar arus lalu lintas dapat berjalan dengan lancar," kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, kesadaran berlalu lintas masyarakat sangat penting, kapan harus keluar rumah untuk menghindari kemacetan, dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Masyarakat masih memiliki pola berlalu lintas tidak tertip, karena buru-buru apa saja diteroboslewat trotoar, bahwa jembatan juga dinaikki," kata Kapolres.

Oleh karena itu, lanjut Kapolres prilaku berlalu lintas masyarakat sangat menentukan kelancaran arus lalu lintas.

"Tidak cukup hanya dengan penempatan personel saja. Kalau tidak dibantu kesadaran masyarakat berlalulintas yang baik dan benar, arus akan selalu macet dan padat," kata Kapolres.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013