Brasilia (ANTARA News) - Tiongkok dan Brasil menandatangani serangkaian perjanjian dan memorandum di bidang keuangan dan bidang-bidang lainnya, Kamis.

Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Brasil Dilma Rousseff menyaksikan penandatanganan kesepakatan tersebut.

Bank Ekspor-Impor Tiongkok (Eximbank) dan raksasa pertambangan Brasil CVRD menandatangani perjanjian kerangka kerja, di mana Eximbank akan menyediakan lima miliar dolar AS dalam tiga tahun untuk mendukung perusahaan Brasil itu untuk membeli atau menyewa peralatan, kapal dan jasa terkait dari perusahaan Tiongkok.

Bank of China juga menandatangani sebuah memorandum untuk membantu CVRD mengatur pembiayaan global selama tiga tahun.

China Construction Bank (CCB) menandatangani perjanjian saham pengendali dengan Industrial and Commercial Bank Brazil. Pada 31 Oktober tahun lalu, bank Brasil ini mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan CCB menjual 72 persen dari total sahamnya ke bank Tiongkok.

Bank Pembangunan Tiongkok (CDB) dan Bank Pembangunan Nasional Brasil (BNDES) juga menandatangani nota kerja sama infrastruktur, untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di Brasil dan di Amerika Latin pada umumnya.

Eximbank juga menandatangani perjanjian kerangka kerja dengan BNDES untuk memperkuat kerja sama di bidang energi, infrastruktur dan telekomunikasi. Export & Credit Insurance Corporation Tiongkok dan Bank of Brazil menandatangani kesepakatan untuk meningkatkan hubungan dalam bisnis reasuransi.

Tiongkok dan Brasil pada Kamis juga menutup kesepakatan pada proyek-proyek yang melibatkan komputasi awan, mesin pencari dan pembangunan kota cerdas, demikian laporan Xinhua.

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014