Kalau saya salah saya akan akui. Kalau bukan karena salah saya, saya tidak akan bikin gerakan-gerakan
Jakarta (ANTARA News) - Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Surya Tjandra mengatakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama yang biasa disapa Ahok bisa menjadi model pencegahan korupsi.

"Soal Ahok, dia bisa jadi model dalam pencegahan. Dia sangat transparan, terbuka ini bisa menjadi model," kata Surya saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR Senayan Jakarta, Selasa.

Komisi III DPR hari ini melakukan uji kelayakan dan kepatutan empat calon pimpinan KPK yakni Surya Tjandra, Robby Arya Brata, Basariah Panjaitan dan Agus Raharjo.

Pernyataan Surya disampaikan ketika menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPR karena dalam proses seleksi Surya mencantumkan rekomendasi dari Ahok.

"Tapi bukan berarti tidak bisa ditindak kalau dia (Ahok) melakukan tindak pidana. Itu juga berlaku juga untuk Presiden," kata Surya.

Surya menjelaskan KPK harus tunduk kepada kepala negara tetapi juga harus berani bertindak.

"Negara ini harus ada pimpinan, itu presiden, tapi bukan berarti tidak bisa ditindak kalau melakukan tindak pidana. Apakah bisa ditangkap atau diteruskan ke proses pemakzulan," kata Surya.

Surya menegaskan siap dihukum jika dianggap gagal dalam bekerja.

"Kalau saya salah saya akan akui. Kalau bukan karena salah saya, saya tidak akan bikin gerakan-gerakan atau kumpulkan ratusan pembela, tetapi akan bela diri sendiri saja," kata Surya.

Pewarta: Jaka Suryo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015