Bekasi (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat akan segera menyalurkan air conditioner (AC) hibah dari pemerintah pusat dengan prioritas untuk pengusaha angkutan kota trayek K02 Bekasi-Pondokgede.

"Skala prioritasnya adalah pemilik angkot K02 karena uji coba angkot ber-AC itu di Kota Bekasi baru di trayek Bekasi-Pondokgede," kata Kepala Dishub Kota Bekasi Yayan Yuliana di Bekasi, Selasa.

Dia mengatakan, pertimbangan lain pihaknya memprioritaskan rute K02 sebagai penerima bantuan AC tersebut karena rute yang dilayani paliing jauh daripada trayek-trayek angkot lain yang beroperasi di Kota Bekasi.

"Agar penumpang tetap nyaman meskipun menempuh perjalanan jauh, rute K02 ini yang terus kami dorong untuk berbenah. Salah satunya dengan mendistribusikan bantuan AC dari Kemenhub," katanya.

Menurut dia, uji coba angkot ber-AC ini merupakan percontohan jelang pemberlakuan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 29 tahun 2015 yang mewajibkan seluruh angkutan kota dilengkapi fasilitas pendingin udara pada 2018.

"Tahun 2018 kan sebentar lagi, dari sekarang angkot-angkot kami dorong agar secara bertahap bisa dilengkapi dengan AC agar sesuai amanat Permenhub tersebut," katanya.

Selain itu, Dishub juga menyiapkan penyelenggaraan semacam pembinaan untuk para sopir angkot seputar Permenhub tersebut.

Yayan berharap, para sopir bisa menyesuaikan diri dengan aturan ini, sehingga bisa bersikap disiplin saat mengendarai angkutan yang nantinya sudah dilengkapi pendingin udara.

"Sikap sopir tentunya harus ikut menyesuaikan. Jangan angkotnya sudah dipasangi AC tapi masih merokok. Atau AC hanya difungsikan saat ada penumpang, selebihnya dimatikan. Hal-hal seperti ini yang akan disampaikan saat pembinaan nanti," katanya.

Yayan menambahkan, Kota Bekasi menjadi satu dari empat daerah yang menerima hibah masing-masing sepuluh perangkat AC yang diperoleh Kemenhub sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial perusahaan jasa transportasi berbasis daring Uber dan GoJek/GoCar.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017