Sukabumi (ANTARA News) - Sebanyak 36 kecamatan terdampak gempa Lebak, Banten Selasa, (23/1) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyebabkan rusaknya ratusan rumah, termasuk fasilitas umum.

"Hingga Rabu, (24/1) jumlah kecamatan yang terdampak bencana gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter bertambah yang awalnya hanya 31 kecamatan menjadi 36 kecamatan," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, akibat gempa lebak tersebut ratusan rumah rusak baik kategori berat, ringan maupun sedang. Selain itu, ada tiga warga yang cedera atau luka ringan karena tertimpa puing bangunan yang rusak.

Bencana itu tidak hanya merusak rumah warga saja tetapi fasilitas umum lainnya seperti tempat layanan kesehatan, pemerintahan dan pendidikan dan tidak menyebabkan adanya korban jiwa.

Dia melanjutkan, bantuan sudah mulai disalurkan kepada warga yang menjadi korban bencana alam ini dan petugas BPBD serta relawan lainnya masih melakukan penyisiran.

"Untuk kerugian masih dalam penghitungan karena cukup banyak bangunan yang rusak," tambahnya.

Eka mengimbau kepada warga agar tidak terpengaruh berita-berita atau informasi hoaks yang menyebutkan akan ada gempa susulan berkekuatan 7,5 SR.

Namun, warga diminta harus tetap waspada karena Kabupaten Sukabumi merupakan daerah rawan gempa.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018