Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Cox Bazaar, Bangladesh, di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu.

"Beberapa kali telah dikirimkan ke Cox Bazaar, nanti pesawat ini akan turun ke Chitagong, Bangladesh," kata Presiden Jokowi usai meninjau bantuan kemanusiaan yang sudah dimuat dalam pesawat Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma.

Presiden yang didampingi Wapres M Jusuf Kalla mengatakan pengungsi Rohingya di Bangladesh masih membutuhkan bantuan antara lain berupa obat-obatan.

"Nanti dilihat di sana karena pas kunjungan ke Bangladesh kalau memungkinkan kita mau nengok," ujarnya.

Ketika ditanya apakah juga akan mengunjungi RS Lapangan yang dibangun dengan bantuan Indonesia, Presiden mengatakan jika memungkinkan akan dilakukan.

"Kalau memungkinkan waktunya, karena dari Dhakka ke sana butuh waktu," ucapnya.

Ia menyebutkan dari laporan yang diterimanya, yang butuh bantuan tidak hanya ribuan tapi ratusan ribu pengungsi.

Mereka membutuhkan uluran tangan dari negara-negara lain. "Saya berharap konsistensi kita dalam memberi bantuan kepada pengungsi Rohingya," katanya.

Presiden Jokowi mulai Rabu ini melakukan kunjungan ke sejumlah negara di Asia Selatan yaitu Sri Lanka, India, Bangladesh, Pakistan dan Afghanistan. Kunjungan akan diawali dari Sri Lanka pada Rabu ini.

Video: 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018