KJRI rencanakan promosi bahasa di Australia

id kegiatan kbri,kjri

Ilusrtrasi pengajaran Bahasa Indonesia di Australia. (Libertina W.A)

Jakarta (ANTARA News) - Konsulat Jenderal RI di Sydney, Australia bersama Balai Bahasa dan Budaya Indonesia New South Wales (BBBI-NSW) telah membahas kerja sama dalam rangka mempromosikan Bahasa Indonesia di tiga negara bagian Australia, yaitu New South Wales, Queensland, dan South Australia, sepanjang tahun 2018.

Keterangan dari KJRI yang diterima di Jakarta, Rabu menyebutkan bahwa Pelaksana Tugas Konsul Jenderal RI di Sydney, Hermanus Dimara dan Konsul Penerangan Sosial dan Budaya, Zani Murnia telah bertemu dengan Ketua BBBI-NSW, Lydia Santoso guna membahas rencana tersebut.

"KJRI merencanakan dua program tematik terkait promosi pengajaran dan pembelajaran Bahasa Indonesia selama tahun 2018, yakni Indonesia Goes to Schools dan Schools Visit KJRI," jelas Hermanus Dimara.

Menurut dia, KJRI mengajak BBBI-NSW untuk bekerja sama dalam pelaksanaan kedua program tersebut. "Dengan menyatukan sumber daya yang dimiliki bersama diharapkan hasil yang diharapkan lebih optimal," jelas Dimara.

Ketua BBBI-NSW menyambut positif ajakan kolaborasi dari KJRI Sydney dan akan mendiskusikan lebih jauh secara internal dengan Dewan Eksekutif BBBI-NSW mengenai bentuk dukungan dalam program itu, termasuk mengenai materi promosi.

"Kunjungan ke sekolah-sekolah merupakan bagian dari rencana program BBBI-NSW, karena itu kami menyambut positif dan mengapresiasi ajakan kolaborasi dari KJRI Sydney," ujar Lydia.

Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada program kunjungan ke sekolah dan kunjungan sekolah ke KJRI, antara lain pelatihan seni dan budaya Indonesia serta demo masak kuliner khas Indonesia.

Promosi pengajaran dan pemelajaran Bahasa Indonesia di tiga negara bagian Australia menjadi salah satu program prioritas KJRI Sydney pada 2018. Program ini merupakan bagian dari tindak lanjut hasil kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Australia pada Februari 2017.

Pewarta : Libertina W. Ambari
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar