Cirebon (ANTARA News) - Pasangan lanjut usia (lansia) Suud (74) dan Tarmini (70) asal Desa Adidarma, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, tinggal di bawah terpal bekas selama lima tahun setelah rumah mereka ambruk karena dimakan usia.

"Rumahnya asalnya itu gubuk tapi berhubung ambruk maka diganti dengan terpal, itu sudah sekitar lima tahun yang lalu," kata tetangganya, Ruini (50) di Cirebon, Selasa.

Ruini menceritakan kedua pasangan lansia itu menyambung hidupnya dengan mengandalkan belas kasihan para tetangga.

Ruini mengatakan Suud sudah tidak bisa berjalan lagi dan juga sering sakit. Keadaan seperti itu diperparah tidak adanya sanak saudara.

"Kalau tinggal di sini sudah puluhan tahun, untuk mencukupi kehidupannya istri pak Suud terkadang meminta-minta," tuturnya.

Kondisi tempat tinggal pasangan lansia tersebut yang terletak di Desa Adidarma Kecamatan Gubungjati Kabupaten Cirebon, memang sangat tidak layak, karena tempat yang ditinggali tersebut terbuat dari terpal yang ditopang beberapa kayu.

Tingginya pun hanya sekitar satu meter sehingga jika mau masuk ke dalam ruangan itu harus merunduk, alasnya dari karpet yang sudah lusuh.  Dengan kondisi tersebut tentu sangat menyulitkan untuk beraktifitas.

Kamar mandipun tidak ada sehingga ketika mereka mau mandi, cuci baju dan masak,  mengambil air keruh di kubangan kecil di samping tendanya.

Ruini menambahkan selama ini belum ada uluran dari pemerintah setempat. Para tetangga berharap ada keperpihakan pemerintah bagi pasangan lansia itu.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018