Tangerang (ANTARA News) - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah - Sachrudin mengikuti kampanye damai bersama ribuan pendukungnya yang di gelar oleh KPU Kota Tangerang, Banten, Minggu (18/2).

Hadir dalam kegiatan tersebut pimpinan Partai politik se Kota Tangerang, KPU Propinsi Banten, Panwaslu Kota Tangerang, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan, Dandim 0506 Tangerang Letkol Inf Gogor, Pjs Walikota Tangerang M Yusuf dan Sekda Dadi Budaeri.

Kegiatan diawali dengan pembacaan deklarasi damai di halaman kantor KPU Kota Tangerang, Jalan Nyimas Melati Kecamatan Tangerang. Dalam isi deklarasi kampanye damai diantaranya, bersama-sama menciptakan Pilkada yang aman dan damai, serta tidak menggunakan politik uang dan politisasi sara dalam kampanye. Usai pembacaan deklarasi kegiatan dilanjutkan dengan pawai kampanye damai keliling Kota Tangerang.

Arief dan Sachrudin yang kompak mengenakan polo t-shirt berwarna putih serta celana jeans biru dengan topi baret dan juga topi bergambar pun menaiki mobil Jeep terbuka untuk mengikuti pawai kampanye keliling Kota Tangerang.

Beberapa unit truk disulap menjadi kendaraan pawai dengan hiasan alat peraga dan sosialisasi pemilihan. Truk pertama diisi oleh alat musik yang mendendangkan lagu jingle Pilkada Kota Tangerang.

Turut mengikuti mobil odong-odong yang dihias berwarna. Tampak penyelenggara Pemilu seperti PPK dan PPS tak ketinggalan ikut didalamnya.

Tak ketinggalan rombongan bermotor dengan berbagai atribut Arief Sachrudin dan partai politik mengawal dibelakangnya.

Pawai dimulai dari Kantor KPU Kota Tangerang menyusuri jalan Daan Mogot depan Robinson lalu Jalan Merdeka melalui pertigaan gerendeng Imam Bonjol, Tengku Umar lalu melalui Jalan Sudirman, Tangcity Sudirman, Tanah Tinggi, LP Anak lalu TMP Taruna, Jalan Satria dan Ahmad Yani dan finish di KPU Kota Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi di Tangerang Minggu mengatakan, kampanye damai ini merupakan bagian dari ajakan kepada masyarakat untuk datang ke TPS tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Diharapkan, partisipasi masyarakat bisa sesuai dengan harapan dan mewujudkan proses demokrasi yang lancar di Kota Tangerang.

Ketua Panwaslu Agus Muslim menambahkan, meski Pilkada Kota Tangerang tahun 2018 hanya diikuti satu pasangan calon, namun pengawasan terhadap pelanggaran tetap akan dilaksanakan.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk bisa menjaga keamanan dan mengikuti aturan kampanye yang sudah ada. "Jangan sampai ada pelanggaran yang disengaja," ujarnya.

Sementara itu, dalam proses kampanye damai keliling jalan protokol, pasangan Arief - Sachrudin menyapa warga yang ditemui sekaligus mengajak untuk ikut mensukseskan Pemilukada Kota Tangerang tahun 2018.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018