Surabaya (ANTARA News) - Dua pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah-Emil serta Gus Ipul-Puti bersepakat melakukan kampanye dalam selama pelaksanaan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat 2018.

Pembacaan komitmen dan pendatanganan deklarasi kampanye damai diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di halaman Giant Maspion Square Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu.

Hadir pada kesempatan tersebut seluruh komisioner KPU Jatim, komisioner Bawaslu Jatim, Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Arief Rahman serta jajaran Forkopimda lainnya.

Calon Gubernur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa saat diberikan kesempatan pertama oleh KPU Jatim berkomitmen menciptakan Pilkada dengan damai.

"Indonesia adalah kita dan kita adalah Indonesia, Pancasila adalah kita dan kita adalah Pancasila. Jawa Timur adalah kita dan kita adalah warga Jatim. Mari kita jaga pesona Jawa timur yang indah ini," ujarnya.

Sedangkan, Calon Gubernur Jatim nomor urut 2 Gus Ipul mengatakan bahwa Soekarno Presiden Pertama RI menggagas Pancasila yang inti pokoknya adalah gotong royong sehingga berkomitmen mewujudkan Pilkada berkualitas dan penuh kedamaian.

"Pancasila yang digagas Bung Karno dalam intinya adalah gotong-royong, kami hadir di sini bergotong royong untuk mewujudkan Pilkada berkualitas," ucapnya.

Sementara itu, terdapat empat poin isi deklarasi kampanye damai, yaitu siap menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Kemudian, siap kampanye damai, demokratis dan mengedukasi dalam mewujudkan kedaulatan pemilih, siap melaksanakan kampanye Pilgub tanpa "hoax" dan politisasi SARA dan politik uang, serta tunduk dan patuh pada perundangan yang berlaku.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018