Jakarta (ANTARA News) - Japan National Organization (JNTO) memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung yang ingin merasakan menjelajah alam, makanan dan suasana khas Jepang melalui Virtual Reality (VR) secara cuma-cuma.

“Kami sengaja menyediakan VR agar pengunjung benar-benar bisa merasakan bagaimana berada di Jepang karena VR kan 360 derajat ya, jadi bisa lihat sekelilingnya,” kata Dinda Hanifanisa dari Promotech Event Organizer, penyelenggara pameran JNTO pada Astindo Travel Fair di Jakarta, Minggu.

Para pengunjung dapat memilih beberapa daerah yang ingin dikunjungi melalui VR, antara lain Tokyo, Kyoto, Nagoya dan berbagai daerah lainnya.  Selain itu, pengunjung juga bisa meminta operator VR untuk memutar video tentang suasana musim sakura di Jepang.

Pengunjung juga dapat meminta berbagai informasi menyangkut pariwisata di Jepang pada booth tersebut sambil menikmati ocha atau teh hijau khas Jepang yang juga disajikan cuma-cuma.

Hal lain yang tak kalah menarik adalah pengunjung bisa berfoto menggunakan yukata atau kimono khas Jepang, dilengkapi geta atau sandal khas Jepang dengan latar gambar bunga sakura yang sedang bermekaran.

Fasilitas ini menarik perhatian pengunjung yang dengan sabar antre berfoto, seperti pasangan muda-mudi Dinda dan Ariza.

“Kami memang tertarik ke Jepang. Ini fotonya buat koleksi pribadi, malah sudah bawa kamera polaroid,” ungkap Dinda.

Senada dengan Dinda, Ariza mengatakan berfoto dengan yukata dan geta akan menjadi pengalaman seru yang kemudian bisa dipajang di Instagram.

“Semoga habis ini kita benar-benar bisa ke Jepang," kata dia.

Baca juga: Khanom Bueang, makanan penutup khas Thailand

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018