Jakarta (ANTARA News) - Kapten Fiorentina Davide Astori yang ditemukan meninggal dunia di kamar hotel La di Moret, Udine, Italia, Minggu pagi (4/3) waktu setempat, diyakini mengalami serangan jantung secara alami.

"Keyakinan kami, terkait situasi ini adalah sang pemain meninggal karena serangan jantung oleh penyebab alami," kata Jaksa Udine, Antonio De Nicolo, seperti dilansir dari Skysports yang dipantau di Jakarta, Senin.

Meskipun demikian, De Nicolo heran bagaimana seorang atlet yang kondisinya selalu terpantau dengan baik, bisa mengalami serangan jantung tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.

"ini memang aneh, bahwa hal semacam itu bisa terjadi ke seorang profesional yang dimonitor amat ketat dan tak menunjukkan tanda-tanda peringatan hal itu," tuturya.

Astori ditemukan meninggal di kamar hotelnya di Udine oleh anggota timnya yang curiga karena pemain 31 tahun tersebut tak kunjung muncul di tempat sarapan.

Menyusul meninggalnya Astori, laga antara Udinese menjamu Fiorentina yang sedianya digelar pukul 15.00 waktu setempat dibatalkan. Selain itu, seluruh sisa pertandingan pekan ke-27 Serie A dan Serie B turut ditunda.

Skuat Fiorentina sendiri langsung kembali ke kota Florence. Sementara jenazah Astori diautopsi di rumah sakit Santa Maria della Misericordia untuk mengetahui lebih detil penyebab meninggalnya sang pemain.

Sementara itu, Fiorentina sendiri masih belum memberikan pernyataan resmi mengenai penyebab meninggalnya kapten mereka yang telah bermain untuk "la Viola" sejak 2015 itu yang hanya disebut "terkena penyakit mendadak".

Rencananya, Astori juga akan diikat dengan kontrak "seumur hidup" lewat kontrak yang akan ditandatanganinya pada hari Senin (5/3) ini, kata Presiden klub Andrea Della Valle.

Menyusul berita duka pemain 31 tahun itu, ungkapan bela sungkawa dari dunia sepak bola berdatangan.

Penjaga gawang Italia Gianluigi Buffon juga memberikan penghormatan emosional kepada pemain bertahan tersebut melalui media sosial.

"Ciao dear Asto (Selamat jalan Asto)," tulis Buffon dalam bahasa Italia sebelum melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia jarang berbicara di depan umum tentang orang lain.

Astori sendiri, meninggalkan seorang istri, Francesca Fioretti, dan anak perempuan mereka yang berusia dua tahun. Istrinya diberitahu tentang kabar duka ini dari direksi Fiorentina yang mengunjunginya secara pribadi, sementara orang tua Astori, yang tinggal di Bergamo, diberi tahu melalui sambungan telepon, demikian Reuters.

(R030/D011)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018