Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 1.300 personel gabungan dari Polri dan TNI diterjunkan untuk mengamankan gelaran debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat yang diselenggarakan di Gedung Sabuga Kota Bandung hari ini.

"Pengamanan dari Polrestabes Bandung dibackup Polda Jabar, dan TNI sekitar 1.300 orang untuk menjaga kondusifitas selama acara berlangsung," ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo di Sabuga, Senin.

Hendro mengatakan, 1.300 personil tersebut disebar di beberapa titik mulai dari titik kumpul posko masing-masing kandidat, jalur yang dilewati menuju lokasi, serta di lokasi.

Untuk di lokasi, pihak kepolisian menerapkan pengamanan dengan sistem empat ring. Ring pertama dalam gedung, ring dua di pintu masuk akses gedung, ring tiga pintu masuk ke dalam Sabuga dan ring empat jalur sekitar lokasi.

Perihal kedatangan massa, Hendro mengatakan pihaknya telah menyepakati bersama dengan pihak KPU dan para pendukung Paslon yang hanya 350 orang dari tiap-tiap Paslon yang diperbolehkan masuk.

"Tentunya kita sepakati apa yang di tentukan KPU, jaga ketertiban, semoga semua berjalan aman dan kondusif," kata dia.

Sementara itu, dari pantauan di lokasi, pendukung dari empat pasangan telah memenuhi halaman Gedung Sabuga. Mereka datang dengan membawa berbagai identitas mendukung pasangannya masing-masing.

Saat para calon datang ke lokasi, kondisi semakin ramai, karena para pendukung menyanyikan yel-yel dukungan masing-masing.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018