Jakarta (ANTARA News) - Perhimpunan untuk buruh migran Migrant Care pada Senin di Jakarta mengatakan eksekusi mati yang dilakukan Arab Saudi terhadap buruh migran Muhammad Zaini Misrin merupakan bentuk pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

"Eksekusi terhadap Zaini Misrin adalah bentuk pelanggaran hak asasi manusia, apalagi Zaini sebelumnya mengatakan bahwa dia dipaksa untuk mengakui melakukan pembunuhan setelah mengalami tekanan dan intimidasi dari otoritas Saudi Arabia," kata Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo.

Dia mengatakan pada proses persidangan hingga dijatuhkan vonis hukuman mati, Zaini Misrin tidak mendapat penerjemah yang netral dan imparsial.

Berdasarkan pembacaan atas proses pemeriksaan hingga peradilan yang memvonis mati hingga proses eksekusi mati Muhammad Zaini Misrin, ditemukan beberapa kejanggalan dan ketidakadilan hukum serta pengabaian pada prinsip-prinsip fair trial serta pengabaian pada hak-hak terdakwa yang menghadapi ancaman hukuman maksimal.

Menurut keterangan dari pihak Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, otoritas Kerjaan Arab Saudi sama seklai tidak memberitahu mengenai eksekusi tersebut kepada perwakilan Republik Indonesia.

"Pemerintah Saudi Arabia melanggar prinsip tata krama hukum internasional dengan tidak pernah menyampaikan Mandatory Consular Notification atau memberitahukan mengenai eksekusi tersebut, baik pada saat dimulainya proses peradilan dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati dan juga pada saat eksekusi hukuman mati dilakukan," kata Wahyu Susilo.

Muhammad Zaini Misrin (53) berasal dari Bangkalan, Jawa Timur, bekerja sebagai sopir di Arab Saudi.

Dia ditangkap polisi Arab Saudi pada 13 Juli 2004 oleh pihak keamanan karena dituduh membunuh majikannya yang bernama Abdullah bin Umar Muhammad Al Sindy.

Pada 2009 KJRI Jeddah baru mendapatkan akses menjumpai Muhammad Zaini setelah divonis hukuman mati (17 November 2008).

Kepada KJRI Jeddah Zaini mengaku bahwa dirinya dipaksa untuk mengakui perbuatan pembunuhan terhadap majikan karena mendapat tekanan dari polisi Arab Saudi dan penerjemah.

Zaini Misrin dieksekusi mati pada Minggu, 18 Maret 2018.

Baca juga: Arab Saudi eksekusi mati TKI asal Madura

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018