Jayapura (ANTARA News)- Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo melakukan fogging (pengasapan) guna mencegah penyebaran nyamuk demam berdarah dengue (DBD) di wilayah tersebut.

"Tim dari Dinkes Papua dan Dinkes Yalimo sudah melakukan fogging nyamuk DBD sejak Sabtu dan Minggu (24-25/3)," kata Kepala Seksi Wabah dan Bencana Dinkes Papua Yamamoto Sasarari ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Senin.

Menurut Yamamoto, pengasapan akan kembali dilanjutkan oleh kedua tim pada Senin hingga Selasa (26-27/4).

Pengasapan nyamuk DBD akan dilakukan di 10 kampung, termasuk di Elelim, ibu kota Kabupaten Yalimo.

Lanjut dia, sepuluh kampung tersebut yakni Kampung Tanah Pasir, Aluis, Yabema, Honita, Ohoam, Obakma, Oluon, Gipson dan Elelim.

Pengasapan itu dilakukan setelah tim Dinas Kesehatan Provinsi Papua melakukan pemetaan daerah-daerah penyebaran nyamuk aedes.

Pada 17 Maret 2017 Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menyatakan terjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) DBD di Kabupaten Yalimo.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Papua dr Aaron Rumainum mengatakan kasus DBD dinyatakan KLB karena baru pertama kali terjadi di Elelim, Kabupaten Yalimo.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018