Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Badan jalan lintas dari Meulaboh Kabupaten Aceh Barat - Geumpang, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh tertutup tanah longsor selama kurang lebih 10 jam akibat hujan deras melanda wilayah pegunungan tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Teuku Syahluna Polem, di Meulaboh, Sabtu, menuturkan, pihaknya telah mengerahkan alat berat serta upaya pembersihan dengan melibatkan semua instansi terkait.

"Alhamdulillah, berkat kerjasama tim dari BPBD dibantu TNI Polri, Rapi serta dibantu masyarakat sekitar. Tanah longsor yang menimbun badan jalan sudah dibersihkan. Saat ini jalan sudah bisa dilintasi kembali kendaraan roda dua maupun roda empat," katanya.

Lokasi longsor tepatnya di wilayah Gunung Meutulang, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat, sejak Jum`at, (13/4) malam, kegiatan penangganan berupa pembersihan dilakukan pihak terkait pascakejadian malam itu, hingga pagi hari, baru tuntas sempurna.

Syahluna, menuturkan, lintasan tersebut rentan ditemukan terjadinya tanah longsor apabila dilanda cuaca ekstrem, hujan deras, karena termasuk berada di daerah dataran tinggi dan banyak pegunungan serta tanahnya labil sehingga mudah jatuh.

Ia menyampaikan, beberapa titik lokasi lain yang selama ini ditemukan longsor tebing gunung menutupi badan jalan akan terus dipantau, kemudian pihaknya juga akan meningkatkan komunikasi karena dalam dua hari ini menghadapi curah hujan tinggi.

"Hujan saat ini terjadi, kemungkinan terjadi longsor dengan kondisi daerah pegunungan yang diguyur hujan saat malam. Kita mengimbau masyarakat di kawasan pegunungan waspada, begitu juga pengendara saat melintas Meulaboh - Geumpang," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meriliskan, wilayah Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan wilayah barat pesisir selatan Aceh, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan berpeluang terjadi saat malam hari.

Sementara itu, di wilayah Kota Meulaboh diguyur hujan lebat sejak Sabtu, (14/4) pukul 15.20 WIB, petir dan gemuruh membuat suasana aktivitas masyarakat di jalan nasional terpantau sedikit berkurang dari volume kendaraan.

Baca juga: Longsor tutup 500 meter jalan lintas Meulaboh-Geumpang

Pewarta: Anwar
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018