Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan dia ingin istirahat saat pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

"Seperti yang sering saya katakan, saya sendiri tentu ingin istirahat. Apalagi masalah konstitusi sudah menetapkan hal seperti itu, yang harus dua kali (menjabat)," kata Jusuf Kalla kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa.

Dia juga mengungkapkan pengalamannya mendampingi Presiden Joko Widodo selama hampir satu periode kepemimpinan.

"Semua baik, Pak Jokowi orang sederhana, jadi kami tidak banyak masalah. Ya kami dapat bekerja bersama. Bagi saya, bekerja bersama dengan Pak Jokowi suatu tugas, amanah yang tentu harus saya laksanakan dengan baik," katanya.

Mengenai pernyataan pihak-pihak yang menyebut dia sebagai sosok yang tepat untuk mendampingi Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, JK menyatakan mengapresiasi.

"Ya tentu seperti yang saya katakan, saya berterima kasih kepada setiap tanggapan-tanggapan yang baik, atas apa yang telah kita kerjakan selama ini. Tetapi kan konstitusi berbunyi begitu, ya nanti lah kita perhatikan," katanya.

Survei Populi Center pada Februari menunjukkan Jusuf Kalla berada di urutan pertama dalam daftar calon wakil presiden. Survei Litbang Kompas juga menampilkan nama Jusuf Kalla sebagai tokoh yang paling banyak dipilih responden, dengan angka 15,6 persen, untuk kembali mendampingi Jokowi dalam pemilihan umum 2019.
   
Baca juga: Pendamping ideal untuk Jokowi menurut JK
 

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018