Pekanbaru (ANTARA News)  - Presiden Joko Widodo mengajak pelajar menggunakan media sosial untuk menyebarkan semangat nasionalisme.

"Gunakam media sosial untuk menyebarkan semangat nasionalisme, semangat belajar, semangat dalam beribadah, olah raga," kata Jokowi ketika memberikan pengarahan kepada sekitar 350 pengurus OSIS SMA/SMK se-Kota Pekanbaru di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru,  Rabu.

Presiden menyebutkan para pengurus OSIS harus menjadi contoh bagi lingkungan dan teman-temannya yang lain.

"Harus bisa mengayomi, menjadi teladan, panutan, bisa mengajak teman ke arah yang baik dan saya titip yang di sini semua yang menggunakan medsos, gunakan untuk menyebarkan semangat nasionalisme," kata Jokowi.

Dalam acara yang juga dihadiri Mendibud Muhadjir Effendy dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko,  Jokowi mengingatkan siswa untuk tidak menggunakan medsos sebagai media saling mencela.

"Jangan gunakan medsos untuk saling mencela, saling menghujat, untuk mengeluarkan kata kasar, membuli teman, medsos harus dijadikan eksosistem untuk menumbuhkembangkan nasionalisme," kata Presiden.

Jokowi menyebutkan Indonesia adalah negara besar dengan ribuan bahasa, suku dan setiap daerah mempunyai tradisi dan bahasa berbeda-beda.
 
"Tidak ada negara yang keberagamannya seperti Indonesia tapi Alhamdulillah kita tetap rukun, ini yang harus terus ditumbuhkan.  
Kita adalah saudara setanah air, tolong ini sampaikan kepada yang lain," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden luncurkan Peremajaan Sawit Rakyat di Riau

 

Pewarta: Agus Salim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018