Gempa terjadi di Aceh

id gempa bumi,skala richter,tsunami,aceh,banda aceh,bmkg

Cincin Api Pasifik. Indonesia berada pada Cincin Api Pasifik. (UNISDR/Badan Mitigasi Bencana PBB)

Banda Aceh, Aceh (ANTARA News) - Gempa Bumi dengan kekuatan 3,4 pada skala Richter terjadi di wilayah Aceh pukul 00.19 WIB Kamis (17/5).

Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mata'Ie di Aceh Besar, Kamis, menyatakan, kali ini posisi gempa berada 4,76 Lintang Utara dan 96,20 Bujur Timur.

Posisi gempa 34 kilometer ke arah Timur Laut berada di perairan Kabupaten Aceh Barat, Aceh, dengan memiliki kedalaman 10 kilometer.

Belum dilaporkan akibat gempa Bumi yang ditimbulkan, seperti kerusakan bangunan di darat, potensi tsunami, dan lain sebagainya.

Padahal satu jam 19 menit sebelumnya atau pukul 23.00 WIB Rabu (16/5), gempa Bumi juga terjadi Aceh dengan kekuatan 4,8 pada skala Richter.

Terjadi di laut dengan titik kordinat 4,37 Lintang Utara dan 95,24 Bujur Timur sekitar 64 kilometer Barat Daya di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, dengan kedalaman 16 kilometer. Gempa bumi ini dirasakan di Banda Aceh.

"Di Banda Aceh, dan Aceh Jaya I SIG (Skala Intensitas Gempabumi)-BMKG. Atau II MMI (Modified Mercalli Intensity)," terang Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata'Ie, Eridawati.

Pihaknya mendapat laporan, saat ini masih dalam situasi aman dan terkendali baik di Banda Aceh dan Aceh Jaya. "Belum ada kerusakan, terutama bangunan atau hal lainnya," katanya.

Pewarta : Muhammad Said
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar