Pamekasan (ANTARA News) - Polres Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur memperketat pengamanan gudang penyimpanan logislatik pilkada, ketika para pekerja sedang melipat surat suara.

Sebanyak empat personel kepolisian ditugaskan khusus untuk mengamankan pemilahan surat suara pilkada yang akan digelar 27 Juni 2018 itu.

"Ini untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Komisioner KPU Pamekasan Moh Syamsul Muarif, Minggu malam.

Selain menerjunkan personel polisi berpakaian seragam, Polres Pamekasan juga menerjunkan dua personel polisi berpakaian premen.

Pola pengamanan dengan sitem terbuka dan tertutup ini dimaksudkan agar pengamanan lebih maksimal, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi.

Pada pemilahan surat suara ini, KPU Pamekasan melibatkan sebanyak 20 orang pekerja dan rencananya akan berlangsung selama sekitar 1 minggu kedepan.

Menurut Syamsul Muarif, jumlah surat suara yang diterima KPU Pamekasan, Madura, Jawa Timur untuk pilkada 27 Juni 2018 itu sebanyak 700 kandus dengan jumlah total surat suara sebanyak 700.173 lembar surat suara.

Pemilahan suarat suara ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya surat suara yang rusak.

"Surat suara Pilkada Bupati Pamekasan tiba tadi malam, sedangkan Pilgub kemarin malam," ujarnya, menjelaskan.

Surat suara ini langsung dikirim dari Percetakan, yakni PT Solo Murni untuk surat suara pibup, sedangkan surat suara untuk Pilgub Jatim oleh PT Pura Baru Taman, Kudus, Jawa Tengah.

Sementara itu, pilkada di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur akan digelar di 1.579 tempat pemungutan suara (TPS) di 178 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) KPU Pamekasan, jumlah pemilih di Kabupaten Pamekasan untuk pilkada bupati dan wakil bupati dan pilkada gubernur dan wakil gubernur yang akan digelar 27 Juni 2018 sebanyak 680.392 orang, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 328.442 orang dan pemilih perempuan 351.950 orang.

Pilkada Kabupaten Pamekasan diikuti dua pasangan calon Bupati dan Cawabup Pamekasan. Masing-masing pasangan calon Badrut Tamam - Raja`e (Berbaur) dengan nomor urut 1, dan pasangan calon Kholilurrahman - Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Baca juga: Polisi akan netral pada Pilkada Pamekasan

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018