Ganti rekanan sesuai aturan dan mekanisme yang ada supaya ada penyegaran...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk menghindari praktik monopoli proyek di lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

"Saya mengingatkan, tidak ada monopoli proyek yang ada di Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan," kata Tjahjo dalam sambutannya pada upacara Hari Kebangkitan Nasional di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin.

Tjahjo mengaku masih mendapatkan laporan dari pejabat di lingkungan kementeriannya mengenai adanya pengusaha-pengusaha yang sudah lima tahun lebih memiliki kontrak kerja dengan kementerian. Dia mengatakan rekanan pengusaha yang sudah lima tahun lebih bekerja sama dengan kementerian sebaiknya diganti sesuai mekanisme yang berlaku.

"Ini pemerintahan baru, semua harus baru. Ganti rekanan sesuai aturan dan mekanisme yang ada supaya ada penyegaran," jelas dia.

Tjahjo lantas mencontohkan, bahwa penyedia layanan katering di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sudah delapan tahun tidak diganti padahal kualitas produknya tidak bagus.

"Kalau makanannya tambah nikmat, tambah enak ya tidak. Ini tambah hancur," kata Menteri Dalam Negeri, yang mengaku sering mendapat keluhan dari praja IPDN mengenai kualitas makanan.

"Apalagi tempat masaknya melebihi toilet kotornya. Ini sudah sangat tidak manusiawi, saya melihat langsung," ia menambahkan.

Baca juga: DPR dan Kemendagri dapat fee 10 persen dari proyek KTP-E

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018