Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri India Narendra Modi di halaman Istana Merdeka, Rabu pukul 10.15 WIB

Modi, yang melakukan kunjungan resmi ke Indonesia selama 29-31 Mei, datang menumpang kendaraan VVIP dengan kawalan Pasukan Nusantara yang mencakup pasukan berkuda serta drum band Paspampres.

Presiden Joko Widodo menjabat tangan Modi dan mengajaknya ke mimbar kehormatan untuk mengikuti upacara penyambutan resmi dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara. Dentuman meriam sebanyak 19 kali mengiringi lagu kebangsaan yang dimainkan drumband.

Jokowi dan Modi juga memeriksa barisan pasukan upacara dan menuju ruang kredensial untuk mengisi buku tamu serta melakukan pertemuan tete-a-tete di Istana Merdeka.

Turut menyambut kedatangan Modi di Istana Merdeka antara lain Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong dan Duta Besar RI untuk India Sidartho Suryodipuro.

Presiden Jokowi dan PM Modi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dan menyaksikan pengumuman kerja sama. Pertemuan bilateral kedua pemimpin antara lain akan membahas isu kemaritiman, ekonomi, sosial budaya, serta isu regional dan global.

Selain acara di Istana Kepresidenan Jakarta, Presiden Jokowi dan PM Modi akan menyambangi Festival Layang-Layang India-Indonesia di Lapangan Monas.

Selama di Jakarta, Modi juga akan menemui warga keturunan India di Balai Sidang Jakarta, serta menghadiri CEO Forum Indonesia-India yang ditujukan untuk meningkatkan kerja sama bisnis kedua negara.
 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018